Universitas Negeri Padang Terpilih Selenggarakan KONASPI IX 2020

Universitas Negeri Padang Terpilih Selenggarakan KONASPI IX 2020

Universitas Negeri Padang Terpilih Selenggarakan KONASPI IX 2020

Universitas Negeri Padang Terpilih Selenggarakan KONASPI IX 2020

Universitas Negeri Padang terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia

(KONASPI) IX pada 2020. Keputusan dan penetapannya dibacakan pada hari terakhir KONASPI VIII oleh Rektor Universitas Negeri Jakarta, Prof. Dr. Djaali selaku Penanggung Jawab iven. Iven kali ini dituanrumahi Universitas Negeri Jakarta pada 12-15 Oktober 2016 lalu di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

KONASPI dilaksanakan secara periodik dalam 4 tahun sekali, dilaksanakan oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Negeri Indonesia (A-LPTK-NI) bekerjasama dengan Forum Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Negeri di Indonesia, dan Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Swasta Indonesia (ALPTKSI).

Konvensi ini merupakan wahana akademik kaum pendidik Indonesia dalam memberikan sumbangsih

pemikiran bagi manusia Indonesia seutuhnya. KONASPI VIII dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, diikuti oleh para ahli dan pakar kependidikan dengan mengambil tema ‘Arah Kebijakan Pendidikan Guru di Indonesia’. Pakar pendidikan dari luar negeri yang memaparkan papernya dalam konvensi ini adalah dari Finlandia dan Korea Selatan.

Pemakalah Terbanyak

 

Sebanyak total 376 makalah dipresentasikan dalam berbagai sesi, baik sesi utama, paralel, dan poster.

Keseluruhannya terbagi ke dalam delapan subtema yang berangkat dari persoalan utama pendidikan guru di Indonesia saat ini; Standarisasi Kelembagaan LPTK, Sistem Rekrutmen Mahasiswa LPTK, Sistem Pendidikan Guru Berasrama dan Berikatan Dinas, Kurikulum dan Sistem Pembelajaran LPTK, Standar Mutu dan Profesionalisme Guru, Sistem Pengangkatan dan Distribusi Guru, Standarisasi Pendidikan PAUD dan Dikdasmen, serta Pendidikan Guru dan Peradaban Bangsa.

Dalam KONASPI VIII yang diikuti 1100 peserta dari 12 LPTK negeri, Universitas Negeri Padang mengirimkan pemakalah terbanyak. Tercatat 60 karya ilmiah yang ditulis oleh kurang lebih 70 dosen UNP mewakili 8 Fakultas (ada beberapa makalah yang ditulis oleh lebih dari satu orang), termasuk makalah undangan yang dipresentasikan langsung oleh Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D yang menyorot problem distribusi guru. Pemakalah lain antara lain; Prof. Dr. Mestika Zed, Prof. Dr Rakimahwati, dan Prof. Dr. Alwen Bentri.

Tuan Rumah 2020

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D di sela-sela penutupan KONASPI VIII, Sabtu ( 15/10/2016), mengatakan, UNP siap menjadi tuan rumah pelaksanaan KONASPI IX, karena UNP memiliki sumber daya yang memadai, baik dari segi SDM maupun sarana dan prasarana. “UNP berkomitmen menunjukkan jati dirinya sebagai salah satu LPTK paling senior dan menjadi pusat keunggulan riset dan pendidikan profesi keguruan di Indonesia. Kita akan segera merancang persiapan dari sekarang mengingat pada 2020 perkembangan lokal dan nasional semakin kompleks,” demikian Ganefri. (*/ril)

 

Baca Juga :