“The Meg” yang asli lebih tak seperti gambaran di film

“The Meg” yang asli lebih tak seperti gambaran di film

The Meg yang asli lebih tak seperti gambaran di film

Film teror “The Meg” menampilkan bintang laga Jason Statham berjuang mengakhiri teror Megalodon, hiu purba dengan ukuran lebih besar dari hiu putih.

Sebagai makhluk yang telah punah, Megalodon banyak sekali dibahas hingga seolah-olah

kita tahu segalanya tentang hiu purba tersebut. Padahal tidak, ujar ahli purbakala atau paleontologi Darren Naish dari University of Southampton, Inggris.

Satu-satunya bukti yang kita miliki adalah gigi hiu tersebut sangat besar. “Ukurannya 16,8 centimeter dari akar hingga ujungnya,” kata Naish. Sayangnya, fosil utuh Megalodon tidak pernah ditemukan.Sebagai salah satu spesies hiu, rangka Megalodon tersusun dari tulang rawan ketimbang tulang keras, sehingga bangkai hiu purba itu tidak mengalami proses fosilisasi.

Monster penuh misteri

Berdasarkan ukuran giginya, banyak yang membayangkan ukuran panjang Megalodon.

Hiu purba tersebut digambarkan dalam “The Meg” memiliki panjang sekitar 22 hingga 27 meter, yang tentunya tidak tepat.

“Ukuran hiu itu sesungguhnya sekitar 15 hingga 20 meter,” kata Naish. Rekonstruksi rahang Megalodon yang katanya sangat besar hingga seseorang mampu duduk di dalamnya seperti terlihat pada sebuah foto juga merupakan hal yang keliru.

Kendati demikian, Megalodon merupakan predator laut terbesar dan tak diragukan lagi

mampu melahap Jason Statham sebagai sarapannya.

Hiu putih besar hanya memiliki panjang sekitar enam meter, bahkan hewan laut terbesar di Bumi yakni paus biru tidak pernah memiliki panjang hingga 30 meter.

 

Baca Juga :