Startup di Indonesia capai 1.000?

Startup di Indonesia capai 1.000?

Startup di Indonesia capai 1.000

Benarkah jumlah perusahaan rintisan atau “startup” di Indonesia sudah mencapai 1.000 dalam lima tahun terakhir seperti disampaikan Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin dalam Debat Ketiga Pilpres 2019 di Jakarta, Minggu malam?

Memastikan jumlah pasti startup yang telah populer sejak 2010 tentu sulit menyusul dinamika bisnis rintisan itu, belum lagi penyebarannya di seluruh wilayah di Tanah Air.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 2016 memiliki

program Gerakan 1.000 Startup Digital untuk melahirkan perusahaan-perusahaan rintisan baru.

Berdasarkan data Kominfo pada Oktober 2018, program itu sudah melahirkan 525 startup.

Namun, jumlah startup yang tercatat itu merupakan para peserta yang tergabung dengan program Kominfo. Padahal, terdapat banyak gerakan untuk mengakselerasi startup di Indonesia.

Program Indigo Creative Nation yang digagas PT Telkom, misalnya, pada pertengahan 2018 sudah menginkubasi 111 usaha rintisan.

Sementara, data terbaru dari situs registrasi perusahaan rintisan startupranking

, Indonesia telah memiliki 2.079 perusahaan rintisan dan menempati posisi kelima di dunia. Indonesia berada di bawah Kanada yang memiliki 2.485 startup.

Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI), di sisi lain, mencatat jumlah startup di Indonesia pada 2018 mencapai 992 perusahaan rintisan.

Riset yang termuat dalam buku “Mapping & Database Startup Indonesia 2018”

itu bertujuan agar Indonesia memiliki data valid tentang jumlah startup di Indonesia.

Angka itu didapatkan tim MIKTI berdasarkan verifikasi langsung ke lapangan maupun mengakses situs dan aplikasi resmi perusahaan terkait.

 

sumber :

https://merekbagus.co.id/seva-mobil-bekas/