Cari All New Fortuner Bekas? Di Seva Mobil Bekas Aja!

Fortuner adalah mobil impian hampir setiap orang. Mengapa? Karena Toyota Fortuner sangat unggul dari segi mesin dan juga suspensinya yang luar biasa. Kali ini, expert dari Seva mobil bekas akan membahas soal tips membeli Toyota Fortuner bagi Anda.

seva-mobil-bekas

Daftar Di Seva.id Dan Dapatkan Rekomendasi Toyota Fortuner Bekas Terbaik

Sebelum kita bicara mengenai tips membeli Toyota Fortuner lebih jauh, silakan lakukan pendaftaran terlebih dahulu di Seva.id agar Anda mendapatkan pelayanan terbaik dalam memilih mobil bekas sesuai kriteria.

  1. Buka website Seva.id
  2. Anda akan langsung melihat tombol Registrasi di layar utama website.
  3. Silakan klik dan lakukan pendaftara sesuai prosedur yang disediakan.

Pendaftaran di situs Seva mobil bekas tidaklah rumit. Jadi, Anda bisa melakukannya hanya dalam waktu kurang dari 5 menit.

 

Mengapa Toyota Fortuner?

Baik, sekarang kita langsung ke inti pembahasannya. Apa sih kelebihan Toyota Fortuner dibandingkan dengan mobil sekelasnya yang lain? Ini dia alasannya.

  1. Lebih Tahan Panas

Toyota Fortuner memiliki sistem pendingin yang berbeda, yang disebut dengan Optimum Coolant System (OPS). Sistem ini mungkin tidak banyka diketahui oleh orang-orang dan memang jarang diimplementasikan di mobil-mobil yang dipasarkan di Indonesia keluaran Jepang.

Sistem yang sering digunakan di mobil Eropa ini menggunakan sistem Enchanced Expansion Tank (EET). Artinya, tabung radiator di dalam mobil ini dilengkapi dengan sensor tekanan udara yang akan membuka dan menutup tabung untuk melakukan pembuangan uap bila diperlukan.

Dengan menggunakan sistem pendingin teroptimasi ini, maka dijamin Toyota Fortuner tidak akan mengalami overheat dalam kondisi apapun, termasuk jika Anda adalah profesional di Jakarta yang harus mobile dari satu wilayah ke wilayah lain di hari yang panas dan macet, maka tenang, tidak ada cerita overheat bagi Anda pengguna Fortuner.

  1. Enforced C-Shape Frame

Wah, apalagi ini? Ini adalah model rangka mobil. C-shape sendiri adalah jenis rangka yang digunakan oleh banyak mobil jaman sekarang. Berbeda dengan mobil di era 80an yang masih menggunakan jenis box-shaped (yakni rangka yang terdiri dari besi kotak yang bolong di tengahnya). Bentuk c-shaped sendiri adalah bentuk yang sederhana, yakni bentuk rangka yang terdiri dari bilah besi kuat yand dibengkokkan dan dijadikan “tulang mobil”.

Lalu, jika c-shape frame memang sudah digunakan di mobil jaman sekarang, apa yang membuat c-shape Toyota Fortuner berbeda? Toyota Fortuner menggunakan Enforced C-shaped. Jenis ini adalah jenis modifikasi dari c-shape biasa yang memberikan kekuatan lebih serta mengurangi kelenturan. Alhasil, mobil akan menjadi lebih stabil baik dalam kecepatan tinggi maupun kecepatan rendah di atas jalan terjal.

Bicara soal kecepatan tinggi, Anda mungkin juga pernah bertanya, mengapa pengemudi Fortuner bisa ngebut di jalan tol, mengingat Fortuner memiliki suspensi yang cukup tinggi mengingat jenisnya yang SUV. Jawabannya adalah karena rangka berjenis Enforced C-shape ini. Dengan kestabilan yang baik, maka ngebut di jalan tol bukanlah masalah.

  1. Jagonya luar kota

Masih soal rangka mobil, dengan kestabilan yang luar biasa, maka mengemudi dengan kecepatan tinggi di jalur luar kota bukanlah masalah. Selain itu, bila Anda terpaksa harus melewati jalanan pedesaan yang mungkin agak kecil dan terjal, ini juga bukan kendala bagi Fortuner.

Mobil yang dirancang untuk segala medan ini telah terbukti dengan keikutsertaannya dalam berbagai event touring yang disponsori oleh Toyota Astra sendiri.

 

Tips Membeli Fortuner Ala Expert Seva Mobil Bekas

Mengingat harga Toyota Fortuner bekas yang memang masih lumayan tinggi, maka Anda harus hati-hati dalam melakukan pembelian. Inilah beberapa tips dari expert Seva untuk Anda para peminat Fortuner bekas yang berkualitas.

  1. Perhatikan Service Note

Service Record atau service note adalah catatan servis kendaraan. Bagi pengguna Fortuner, melakukan servis rutin adalah sebuah keharusan. Dan melakukannya pun tidak boleh di bengkel sembarangan, melainkan di bengkel resmi Toyota Astra.

Perhatikan-Service-Note

Jika servis dilakukan di bengkel resmi, maka Anda akan melihat service record yang sudah terisi tentang catatan servis. Anda bisa melihat pergantian apa yang sudah dilakukan dan kerusakan apa saja yang pernah terjadi pada mobil ini.

  1. Negosiasi Bila Ada Record Kerusakan

Bila ternyata ada kerusakan yang cukup parah, maka mintalah negosiasi dengan pemilik kendaraan sebagai pengurangan harga atas kerusakan yang pernah terjadi. Ini adalah aturan umum di jual beli kendaraan. Bila pernah rusak dan diservis, maka harga akan turun, walaupun servis tersebut menghilangkan kerusakan yang ada.

Mengapa turun harga setelah servis? Karena umumnya bila terjadi kerusakan di satu aspek, maka ada kerusakan lain yang tersembunyi di aspek lain yang belum terdeteksi oleh pengguna atau mekanik. Perlu diingat bahwa tidak semua kerusakan pada mobil bisa terdeteksi sejak awal.

Dengan melakukan pembelian Fortuner bekas di Seva.id, maka Anda tidak perlu melakukan negosiasi dan juga pemeriksaan sendiri. Seva.id memiliki tim expert yang akan melakukan pemeriksaan dengan detail terutama di titik-titik rawan kerusakan berdasarkan pengalaman para expert.

Anda juga tidak perlu negosiasi karena tim Seva akan memberikan estimasi harga kepada pemilik mobil sebelum mobil tersebut dijual melalui platform Seva.

  1. Test Drive

Jangan pernah lupa untuk test drive. Dengan melakukan test drive, maka Anda akan merasakan sendiri apa yang terjadi pada mobil tersebut. Usahakan melakukan test drive di 3 kondisi berikut.

  • Jalan Tol

Fortuner matic wajib dites di sini, karena transmisi matic membutuhkan kecepatan tinggi untuk berpindah gigi. Fortuner manual juga boleh diuji di tol, untuk menguji kenyamanan pindah gigi dan juga menguji kestabilan kaki-kaki atau suspensi di kecepatan tinggi.

  • Jalan Macet

Tujuannya adalah untuk menguji ketahanan mobil terhadap suhu tinggi. Dengan bermacet-macetan, maka mobil tidak mendapatkan angin dari luar, namun murni dari kipas pendingin dan cooling system. Di sini, Anda bisa menguji apakah sistem pendingin Fortuner masih bekerja dengan baik atau tidak.

  • Jalan Terjal

Agak sulit memang menemukan jalanan terjal di ibukota. Namun, usahakan Anda mencarinya. Tujuannya adalah untuk menguji suspensi mobil. Bila Anda mendengar bunyi-bunyi tertentu, maka sudah pasti ada masalah dengan suspensi dan harga harus disesuaikan kembali.

Sekali lagi, dengan membeli melalui platform Seva.id, Anda tidak perlu test drive sendiri. Tim expert akan melakukan test drive dengan menguji aspek-aspek penting dari mobil tersebut. Jadi, Anda sebagia pembeli hanya perlu melihat hasil inspeksi dan membandingkan harga.

 

Kesimpulan

Dengan adanya platofrm dan expert Seva mobil bekas, maka Anda sebagai pembeli tidak perlu lagi melakukan pengujian di atas yang sebenarnya memakan waktu sekali. Daripada waktu Anda yang berharga tersita untuk inspeksi mobil, Anda bisa menyerahkannya ke expert Seva yang sudah berpengalaman, kan?

Namun, bila Anda terpaksa harus membeli sendiri, entah itu punya teman atau saudara, maka jangan sungkan-sungkan untuk melakukan pengujian di atas agar sama-sama nyaman dalam menentukan harga.

 

Sumber : SEVA Mobil Bekas