Sejarah Sepak Bola Dan Peraturan Sepak Bola Secara Lengkap

Sejarah Sepak Bola

Sejarah sepak bola pertama kali dimulai pada abad ke-2 dan ke-3 SM di Cina, selama dinasti Han, orang-orang membawa bola kulit dengan menendang mereka ke gawang dan disebut Tsu Chu, permainan sepak bola ini diperebutkan untuk pelatihan fisik tentara ketika Ulang tahun kaisar, permainan yang sama juga dimainkan di Jepang dengan Kemari.

Di Italia permainan tendangan memasuki abad ke-16, sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dan menjadi sangat populer, di beberapa kompetisi, permainan ini menyebabkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan di 1365, raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan bermain sepakbola.

Pada tahun 1815, sepak bola mulai berkembang menjadi beberapa penjuru dunia kemudian terkenal di lingkungan universitas dan sekolah, kesuburan penduduk pada waktu tertentu dalam sepak bola modern terjadi di Freemason Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul untuk merumuskan standar aturan untuk bola game sepakbola.

Bersamaan dengan itu tidak ada lagi hubungan antara rugby dan sepak bola pada tahun 1869 membawa bola dengan tangan mulai dilarang di sepak bola selama 1800-an, maka olahraga itu dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia.

Pada tahun 1904, asosiasi sepak bola dunia tertinggi mulai terbentuk dengan nama FIFA (Federasi Internationale de Football Association) FIFA dibentuk pada 21 Mei 1904, dan memiliki slogan Untuk Permainan, Untuk Dunia, FIFA terletak di Zurich, Swiss , FIFA adalah badan sepak bola boal internasional.

FIFA juga mempromosikan sepak bola untuk mengatur transfer pemain antar tim, memberikan gelar pemain terbaik dunia FIFA dan menerbitkan daftar peringkat dunia FIFA setiap bulan, ada salah satu kompetisi paling penting yang diadakan FIFA di dunia sepakbola internasional, yang disebut Piala Dunia (pernah Indonesia juga disertai) Turnamen final Piala Dunia adalah acara olahraga yang paling banyak ditonton di dunia, bahkan lebih dari Olimpiade

sejarah sepak bola

Sejarah Bola Indonesia

Sepak bola Indonesia dimulai pada 1914 ketika Indonesia masih dijajah oleh pemerintah Hindia Belanda, kompetisi antar kota di Jawa hanya dimenangkan oleh dua tim atau hanya didominasi oleh dua tim, yaitu Kota Batavia, Kota Soerabaja.

Sejarah Sepak Bola Modern di Indonesia dimulai dengan pembentukan PSSI (Persatuan Sepak Bola Indonesia) pada 19 April 1930 di Yogyakarta dengan ketuanya Soeratin Sosrosoegondo, sebuah organisasi olahraga yang lahir di era kolonial Belanda.

Kelahiran PSSI, bagaimanapun, terkait dengan kegiatan politik melawan kolonialisme. jika meneliti dan menganalisis momen sebelum, selama dan setelah kelahirannya, hingga 5 tahun setelah Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, jelas bahwa PSSI lahir, karena dipimpin oleh politisi nasional yang secara langsung atau tidak langsung menentang kolonialisme dengan strategi yang akan menjadikan nasionalisme di dada pemuda Indonesia.

Setelah kematian Soeratin Sosrosoegondo, prestasi tim sepak bola nasional Indonesia tidak terlalu baik karena pembentukan tim nasional tidak diimbangi dengan pengembangan organisasi dan kompetisi, di era sebelum tahun 1970-an, beberapa pemain Indonesia telah berkompetisi di kompetisi internasional ,

Diantaranya adalah Ramang, Sucipto Suntoro, Ronny Pattinasarani, dan Tan Liong Houw. dalam perkembangannya, PSSI telah memperluas kompetisi sepak bola domestik, termasuk penerapan Liga Super Indonesia, divisi utama, divisi pertama, dan Divisi Dua untuk pemain non-amatir, dan divisi ketiga untuk pemain amatir, selain itu, PSSI juga aktif mengembangkan kompetisi sepak bola dan kompetisi wanita dalam kelompok umur tertentu (U-15, U-17, U-19, U21, dan U-23).

Baca Juga :