Saluran Distribusi dan Inovasi In-Store

Saluran Distribusi dan Inovasi In-Store

Organisasi dapat mendistribusikan produk dan layanan melalui sejumlah delivery channel. Sebagai contoh, sebuah perusahaan dapat menggunakan outlet sendiri atau distributor produk digital dapat didistribusikan secara online, atau dapat disampaikan pada CD-ROM. Produk lainnya dapat disampaikan oleh truk atau kereta, dengan pergerakan barang dipantau oleh aplikasi TI. Web adalah merevolusi saluran distribusi.  

Manajemen Pemasaran

Banyak aplikasi manajemen pemasaran didukung oleh sistem informasi terkomputerisasi. Berikut adalah beberapa contoh bagaimana pemasaran mewakili manusia.

Harga Produk atau Jasa. Volume penjualan sebagian besar ditentukan oleh harga produk atau jasa. Harga juga merupakan penentu utama dari keuntungan. Harga adalah keputusan dan harga harus sering diganti. Perusahaan mungkin perlu menyesuaikan harga dengan cepat atau mengambil tindakan lain.

Produktivitas tenaga penjualan. Penjual berbeda satu sama lain, beberapa unggul dalam menjual produk tertentu sementara yang lain unggul dalam menjual untuk jenis tertentu. Informasi geografis, yang biasanya dikumpulkan dalam penjualan dan pemasaran TPS, dapat dianalisis menggunakan sistem kinerja komparatif di mana data penjualan oleh tenaga penjualan, produk, wilayah, dan bahkan dievaluasi. Penjualan saat ini sebenarnya dapat dibandingkan dengan data historis dan standar.

Produktivitas Perangkat Lunak. Penjualan otomatisasi perangkat lunak sangat membantu bagi usaha kecil, memungkinkan mereka untuk secara cepat meningkatkan penjualan dan pertumbuhan.

Analisis Profitabilitas. Dalam iklan dan upaya pemasaran lainnya, belasan orang sering perlu untuk mengetahui kontribusi laba produk dan jasa tertentu. Informasi profitabilitas produk dan jasa dapat berasal dari sistem akuntansi biaya. Beberapa perusahaan penerbangan, misalnya, menggunakan sistem keputusan otomatis untuk menetapkan harga berdasarkan profitabilitas dan dirancang untuk membantu manajer menilai dan meningkatkan kinerja, keuntungan, produk, saluran distribusi, daerah penjualan, dan dimensi lainnya.

Produk Baru, Jasa, dan Perencanaan Pasar. Pengenalan produk baru atau Jasa yang ditingkatkan bisa mahal dan berisiko. Sebuah pertanyaan penting untuk bertanya tentang produk baru atau jasa, “Apakah menjual?” Jawaban yang tepat untuk analisis hati-hati, perencanaan, dan peramalan. Ini terbaik dapat dilaksanakan dengan bantuan TI karena jumlah besar menentukan faktor dan ketidakpastian yang mungkin terlibat. Riset pasar juga dapat dilakukan di Internet. Isu yang terkait adalah kecepatan dengan produk yang dibawa ke pasar dengan menggunakan internet.

Sistem Pemasaran Berbasis Web. Web (atau Internet) pemasaran mengacu pada pemasaran yang dilakukan melalui Internet. Hal ini, pada dasarnya bahwa saluran pemasaran baru tumbuh dengan pesat, dan merupakan bagian utama dari e-commerce.

Aplikasi lainnya. Ada banyak aplikasi lain. Misalnya, sistem TI termasuk RFID yang dimanfaatkan untuk mengurangi pencurian di toko. Kegiatan pemasaran menyimpulkan kegiatan utama dari rantai nila