Randall Stephenson mengundurkan diri sebagai kepala AT&T, digantikan oleh COO John Stankey

Randall Stephenson mengundurkan diri sebagai kepala AT&T, digantikan oleh COO John Stankey

 

Randall Stephenson mengundurkan diri sebagai kepala AT&T, digantikan oleh COO John Stankey

Randall Stephenson mengundurkan diri sebagai kepala AT&T, digantikan oleh COO John Stankey

Perubahan besar penjaga sedang berlangsung di salah satu nama ikon dan terbesar di dunia dalam bidang telekomunikasi dan media: AT&T hari ini mengumumkan bahwa Randall Stephenson akan mengundurkan diri sebagai ketua dan CEO perusahaan telekomunikasi, dan ia akan digantikan oleh John Stankey, saat ini COO. Perubahan ini berlaku efektif pada 1 Juni, dan sementara Stephenson pensiun, ia akan tetap sebagai ketua eksekutif AT&T hingga Januari 2021.

Berita itu mungkin mengejutkan bagi sebagian orang, karena pada bulan Oktober dilaporkan bahwa Stephenson akan bertahan selama satu tahun lagi setelah mengurangi perselisihan dengan aktivis investor di Elliott Management.

Penunjukan Stankey adalah tanda bagaimana AT&T telah berkembang sebagai sebuah bisnis dan khususnya reorientasi yang lebih kuat sebagai perusahaan media di samping akar-akar telekomunikasi, sebagai salah satu cara untuk mengembangkan dan mendiversifikasi bisnisnya pada saat infrastruktur komunikasi menjadi semakin menjadi komoditas.

Media, pada waktu itu, telah menjadi semakin digital, dan karenanya mereka yang mengendalikan apa yang “melebihi” broadband dan koneksi nirkabel kami berdiri untuk membuat pengembalian yang kuat dengan memiliki lebih banyak model bisnis yang vertikal, di mana mereka mengendalikan media dan pesan, boleh dikatakan. (Itu, setidaknya, adalah teorinya, karena bagi banyak operator pengembalian terbaik mereka masih berasal dari jaringan mereka, bukan layanan yang berjalan di atas mereka.)

Yang paling menonjol dalam evolusi AT&T menuju fokus media yang lebih kuat adalah akuisisi Time Warner sebesar

$ 85,4 miliar pada tahun 2018, meskipun yang lain seperti akuisisi AppNexus juga merupakan kemajuan yang patut dicatat.

Strategi itu telah membuat AT&T berbeda dengan, misalnya, Verizon, yang juga memiliki kepentingan media (termasuk TechCrunch,yang dimilikinya) tetapi dapat dikatakan telah mengambil pendekatan yang berbeda untuk mengembangkan “M” TMT dibandingkan dengan Comcast atau AT&T. (Dan ketika menunjuk CEO baru pada Agustus 2018, Verizon membawa seseorang dari telekomunikasi, Ericsson, Hans Vestberg.)

Peran Stankey di AT&T termasuk CEO WarnerMedia,dan CEO AT&T Entertainment Group, serta sejumlah peran lain termasuk Chief Strategy Officer; Kepala petugas teknologi; CEO Operasi AT&T; dan CEO Solusi Bisnis AT&T.

Sebelum pengumuman, dia sudah mengawasi tiga dari empat unit bisnis AT&T – AT&T Communications, WarnerMedia dan Xandr (bisnis periklanannya). Bersama-sama ketiga ini mewakili 95% dari pendapatan konsolidasi AT&T 2019 sebesar $ 181,2 miliar, kata perusahaan. (Sebagian besar akan datang dari AT&T Communications, yang memiliki 135 juta pelanggan seluler, broadband, dan TV-berbayar AS, serta 3 juta pelanggan bisnis, dengan 60 juta koneksi internet berkecepatan tinggi di antaranya).

“Saya merasa terhormat terpilih menjadi CEO AT&T berikutnya, sebuah perusahaan dengan sejarah yang kaya dan

masa depan yang cerah,” kata Stankey dalam sebuah pernyataan. “Terima kasih saya sampaikan kepada Randall atas visinya dan kepemimpinannya yang luar biasa selama periode perubahan luar biasa dan investasi dalam kemampuan inti yang dibutuhkan untuk memposisikan AT&T dengan baik untuk tahun-tahun mendatang. Dan saya menghargai kepercayaan Dewan pada saya memimpin perusahaan selama bab pertumbuhan dan inovasi kami berikutnya dalam menjaga orang-orang terhubung, informasi dan terhibur. Kami memiliki perusahaan yang kuat, merek-merek terkemuka, dan tim karyawan yang hebat, yang saya istimewa untuk memimpin. Saya sangat bersemangat tentang peluang baru yang kami miliki untuk melayani pelanggan dan komunitas kami dan menciptakan nilai bagi pemegang saham kami. ”

“Saya mengucapkan selamat kepada John, dan saya berharap dapat bermitra dengannya ketika tim kepemimpinan bergerak maju dalam inisiatif strategis kami sambil menavigasi tantangan ekonomi dan kesehatan yang sulit yang saat ini dihadapi negara dan dunia kita,” kata Stephenson dalam sebuah pernyataan. “John memiliki pengalaman dan keterampilan yang tepat, dan tekad kuat setiap CEO perlu menindaklanjuti keyakinannya. Dia memiliki tim kepemimpinan yang hebat untuk memastikan AT&T tetap kuat dan terus memberikan pelanggan dan pemegang saham untuk tahun-tahun mendatang. ”

Matt Rose, Direktur Utama independen AT&T, menambahkan: “Randall telah melakukan pekerjaan yang luar biasa

sebagai CEO dalam mengubah AT&T menjadi pemimpin dalam komunikasi, teknologi, dan media serta hiburan. Kepemimpinan yang kuat dan investasi strategis selama periode permintaan pelanggan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk komunikasi seluler dan hiburan premium telah memposisikan perusahaan dengan sangat baik untuk tahun-tahun mendatang. Kami berharap Randall terus memimpin Dewan dan bekerja dengan John untuk memastikan transisi kepemimpinan yang lancar. ”

Baca Juga: