Penggunaan Yang Benar Pada Bahu Jalan Tol

Penggunaan Yang Benar Pada Bahu Jalan Tol

Bepergian di luar kota untuk mencapai kampung halaman sebelum Idul Fitri telah menjadi tradisi warga Jabodetabek. Semakin besar akses ke jalan tol baru, membuat struktur ini menjadi pilar mendasar untuk diatasi.

Namun, arus wisatawan yang melintasi jalan tol sering menciptakan kemacetan di jalan, jadi mereka harus menginap atau setidaknya beristirahat di jalan. Untuk alasan prioritas faktor keamanan, ada baiknya memiliki struktur bahu yang membentang di sepanjang jalan tol, jangan menggunakannya.

Selain jalur lalu lintas utama, jalan tol juga memiliki road pad yang spesifikasinya memiliki lebar yang dapat digunakan sebagai lajur lalu lintas dalam keadaan darurat.

Mengenai peruntukannya, dalam peraturan pemerintah nomor 15 tahun 2005 tentang jalan tol, jelas tertulis apa yang diperbolehkan dan tidak dilakukan pada rute ini. Diindikasikan dengan jelas dalam Pasal 41 ayat 2.

Penggunaan bahu jalan diatur sebagai berikut:

  • a. untuk digunakan untuk arus lalu lintas dalam keadaan darurat.

  • b. Ditujukan untuk kendaraan berhenti darurat.

  • c. Tidak digunakan untuk menarik / menarik / mendorong kendaraan.

  • d. Tidak digunakan untuk tujuan menaikkan atau menurunkan penumpang, dan (atau) barang dan (atau) hewan

 

Tidak digunakan untuk mengatasi kendaraan.

Namun demikian, harap dicatat, dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol, halaman 16, tujuan keadaan darurat (dalam Pasal 41 ayat 2 huruf a) di mana sebagian atau semua lajur lalu lintas tidak dapat bekerja karena kecelakaan lalu lintas, pekerjaan pemeliharaan.

Di atas segalanya, informasi untuk Pasal 41 ayat 2 huruf b, dalam prakteknya kendaraan tidak diperbolehkan berhenti di sepanjang jalan bahu jalan.

Oleh karena itu, yang dimaksud dengan kendaraan berhenti darurat adalah bahwa mereka yang berhenti untuk keadaan darurat disebabkan, antara lain, oleh pembongkaran muatan, gangguan lalu lintas, gangguan fisik pengemudi.
Kesimpulannya, jika kondisi lelah dan perlu istirahat, pengemudi harus mengarahkan kendaraan ke tempat istirahat terdekat. Selain aman, berbagai struktur yang dikandungnya dapat digunakan lebih optimal. janhgan lupa jaga keselamatan diri sendiri dan orang lain

Sumber : Rental mobil lampung