Pengertian umum Otot Lurik, Ciri-Ciri serta Fungsi

Pengertian umum Otot Lurik, Ciri-Ciri serta Fungsi

Secara umum pengertian otot adalah sekumpulan sel otot yang membentuk jaringan. Otot adalah alat gerak yang berguna mobilisasi tulang. Sel-sel otot membawa kekuatan berkontraksi (bentuk sel otot memendek) dan lakukan relaksasi (kembali ke ukuran semula). Oleh gara-gara itu jaringan otot disebut sebagai alat gerak aktif.

Fungsi otot
Fungsi lain dari otot-otot di dalam tubuh manusia adalah dukungan. Otot rangka terus bekerja untuk menolong tubuh dan menolong untuk mempertahankan postur, apakah seseorang duduk atau berdiri. Otot-otot ini terhitung mendukung, menstabilkan dan memperkuat sendi bersama dengan memegang tulang di dalam posisi yang tepat, lebih-lebih didaerah di mana bagian-bagian dari sendi tidak cocok bersama dengan erat seperti bahu dan pinggul.
Fungsi Otot manusia diantaranya adalah :
Melaksanakan kerja, misalnya: berjalan, memegang, mengangkat (otot lurik).
Mengalirkan darah, mengedarkan sari makanan dan oksigen (otot polos).
Menggerakkan jantung (otot jantung)

Karakteristik Otot
a. Kontrabilitas yakni kekuatan otot untuk memendek disaat otot berkontraksi
b. Ekstensibilitas yakni kekuatan otot untuk memanjang disaat otot berelaksasi
c. Elastisitas yakni kekuatan otot untuk lagi ke bentuk mulanya sesudah berelaksasi maupun berkontraksi.

Seperti yang diketahui bahwa otot terdiri atas lebih dari satu macam atau model otot yakn otot polos, otot lurik, dan jantung. Dalam pembahasan pertama-tama kita akan membicarakan mengenai Pengertian otot lurik. Otot lurik adalah otot yang menempel pada rangka tubuh yang digerakkan atas kehendak/semau kita, agar disebut sebagai otot motorik. Otot lurik terhitung dikatakan otot rangka dilihat dari pengertian otot lurik yakni menempel pada rangka. Otot lurik sanggup bekerja keras dan kuat karna mempunyai banyak inti sel tapi otot lurik ringan penat artinya otot lurik butuh istirahat sesudah bekerja, Asal-usul dinamakannya otot lurik adalah otot lurik memperlihatkan anggota gelap (aktin) dan terang (terang) yang silih berubah jika dilihat memakai mikroskop. Adapun tanda-tanda otot lurik yang sanggup dilihat dibawah ini.
Otot lurik adalah otot yang menempel pada rangka tubuh manusia yang digunakan di dalam pergerakan di mana otot lurik adalah otot yang bekerja dibawah kesadaran (volunter). Otot lurik terhitung dinamakan otot rangka, Mengapa ?.. karna menempel pada rangka. Dimanakan otot lurik karna terdapatnya segi gelap terang yang berselang seling.

Fungsi Otot Lurik
Adapun kegunaan dari otot lurik adalah mobilisasi rangka tubuh manusia atau hewan, agar kita bergerak cocok bersama dengan kemauan kita. Membantu kita di dalam kerja keras dan cepat.

Ciri-Ciri otot Lurik
Perlunya kita mengerti tanda-tanda otot lurik agar sanggup dan sanggup membedakan jenis-jenis otot lainnya, seperti yang ada dibawah ini..
Memiliki ribuan serabut yang membentuk jaringan otot yang tersusun rapi.
Otot lurik berwujud selindris, panjang dan membawa banyak inti sel (multinuklei)
Bergerak dibawah kesadaran (Volunter)
Secara umum otot lurik mempunyai diameter 50 mikron dan panjangnya hingga 2,5 cm.
Mampu bekerja bersama dengan keras dan cepat tapi ringan lelah.
Memerlukan Istirahat
Melekat pada rangka tubuh manusia atau hewan
Cepat di dalam berkontraksi (berkerut)
Letak Inti sel berada di tepi (perifer)
Otot Lurik terdapat pada Otot paha, otot dada, otot betis dan semua rangka tubuh manusia.

Sumber : https://tokoh.co.id/

baca juga :