Pengertian Seni Rupa

Apa yang dimaksud dengan seni? Pengertian Seni Rupa adalah cabang seni yang menghasilkan karya seni di mana bentuk dan kualitasnya dapat dirasakan oleh indera manusia, khususnya indera penglihatan dan sentuhan.

Beberapa juga berpendapat bahwa gagasan seni adalah cabang seni yang menghasilkan karya yang dapat dihargai oleh masyarakat umum karena dapat memiliki bentuk dan bentuk nyata dan dapat dilihat.

Dengan kata lain, seni adalah karya seni yang berfokus pada keindahan visual dan juga sentuhan. Bagi sebagian orang, karya seni ini bisa menjadi hiburan mereka hanya dengan melihatnya atau menyentuhnya.

Pengertian Seni Rupa

Melalui cabang seni ini seseorang dapat menunjukkan ekspresi dalam dirinya kepada orang lain. Atas dasar bentuknya, seni rupa dapat dibagi menjadi dua, yaitu;

2 Dimensi Seni, yang merupakan karya seni yang hanya bisa dilihat dari perspektif dan memiliki dimensi panjang dan lebar. lukisan, seni lega, seni grafis dan banyak lagi.
3 Dimensi Seni, yang merupakan karya seni yang memiliki bentuk bangunan dan memiliki volume di mana dimensi terdiri dari panjang, lebar dan tinggi. contoh; seni patung, seni arsitektur, seni kerajinan, keramik dan lainnya.
Baca juga: Definisi seni

Elemen seni rupa
elemen seni
Warna adalah elemen seni
Mengacu pada penjelasan di atas, ada beberapa elemen yang membentuk sebuah seni. Unsur-unsur seni adalah sebagai berikut:

1. Elemen titik
Intinya adalah elemen terkecil dan merupakan dasar dari semua ide artistik yang akan dilakukan seorang seniman.

2. Elemen linear
Garis adalah elemen yang menggabungkan semua titik dalam bentuk tertentu. Garis-garis ini akan membentuk karakteristik dan karakter suatu karya seni (kaku, fleksibel, keras dan sebagainya.

3. Elemen bidang
Lapangan adalah hasil dari pengembangan dan penggabungan banyak garis untuk menghasilkan sisi yang berbeda dalam sebuah karya seni.

4. Bentuk elemen
Bentuknya adalah elemen yang membuat karya seni lebih bermakna dan hidup dengan semua detail dan sentuhan yang membuatnya lebih indah.

5. Elemen ruang
Elemen ruang adalah elemen yang memiliki sifat nyata dan pseudo, tergantung pada dimensinya (2D dan 3D).

6. Elemen warna
Warna adalah elemen yang sangat penting dalam sebuah karya seni. Warna-warna paduan dapat membuat karya seni lebih indah.

7. Unsur pakan
Dalam hal ini plot adalah sifat atau kondisi yang terkandung dalam sebuah karya seni. Dalam seni, plot terdiri dari dua jenis, yaitu plot pseudo dan plot nyata.

8. Elemen terang dan gelap
Elemen terang-gelap adalah elemen yang dapat membuat karya seni lebih nyata karena memperlakukan detail suatu objek dalam seni rupa.

Baca juga: Memahami penghargaan

Fungsi seni rupa
Fungsi seni rupa
Secara umum, fungsi seni dapat dibagi menjadi dua. Fungsi seni adalah sebagai berikut:

1. Fungsi individual
Seni dapat berfungsi sebagai kebutuhan individu yang memuaskan, terutama bagi seorang seniman. Ada kepuasan batin yang dialami oleh seorang seniman ketika ia dapat mengekspresikan dirinya melalui karya seni yang mereka ciptakan.

2. Fungsi sosial
Selain kepuasan individu, komunitas pecinta seni juga dapat mengalami kepuasan batin dari seni yang mereka lihat. Itu sebabnya ada banyak orang yang membeli karya seni yang mereka sukai walaupun harganya mahal.

Selain fungsi individu dan sosial, seni rupa juga memiliki fungsi lain, yaitu;

Sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan emosional individu, misalnya untuk mengekspresikan diri demi kepuasan batin.
Sebagai sarana ibadah atau media untuk lebih dekat dengan sang pencipta.
Sebagai alat komunikasi dalam kelompok masyarakat.
Memberikan pendidikan kepada masyarakat, baik secara implisit dan eksplisit.
Sebagai sarana untuk memperingati atau melestarikan budaya masyarakat Indonesia.
Jenis seni rupa
“Jenis
Setelah memahami makna dan fungsinya, kita jelas juga perlu tahu apa jenis seni itu. Berikut penjelasannya:

1. Seni rupa juga
Ini adalah cabang seni yang menghasilkan karya yang lebih fokus pada nilai keindahan atau estetika dan tidak peduli dengan nilai-nilai praktis dari pekerjaan yang dilakukan. Adapun beberapa contoh yang termasuk dalam jenis seni ini adalah sebagai berikut;

lukisan
Seni grafis
Seni kaligrafi
Patung seni
Seni keramik
2. Seni desain
Seni desain adalah cabang seni yang berhubungan dengan proses kreatif perencanaan atau merancang bentuk. Beberapa yang termasuk dalam seni desain adalah sebagai berikut;

Arsitektur
Desain interior
Desain busana
Desain visual
Desain busana

Sumber : https://santinorice.com/