Pengertian dan Pembagian Zaman Prasejarah

Pengertian dan Pembagian Zaman Prasejarah – Kali ini diskusi akan fokus pada pemahaman pemahaman zaman prasejarah, distribusi era prasejarah atau prasejarah, zaman prasejarah di Indonesia, fitur-fitur zaman prasejarah, peninggalan prasejarah, dan contoh-contoh zaman prasejarah.

Memahami Masa Prasejarah

Zaman prasejarah adalah zaman sebelum memasuki periode sejarah, atau mereka juga disebut zaman pra-literal. Era literal juga disebut era non-Kristen. Periode pra-keaksaraan tidak dapat dilacak berdasarkan sumber surat itu, karena pada saat itu belum ada surat atau belum diketahui.

Peninggalan Prasejarah

Namun, perkembangan periode budaya manusia dapat dilacak berdasarkan sumber-sumber dalam bentuk fosil, yaitu sisa-sisa makhluk hidup yang hidup pada zaman itu dan membatu, serta artefak yang merupakan alat yang digunakan pada waktu itu.

Departemen (Pembabakan) zaman prasejarah

 Zaman Prasejarah

Pengecualian kehidupan manusia pada periode pra-keaksaraan dapat dibagi menjadi beberapa zaman berdasarkan teknologi yang digunakan. Penghapusan kehidupan manusia di era pra-pengasingan adalah ini.

a. Zaman batu tua

Zaman batu tua juga disebut Paleolitik atau selama berburu dan mengumpulkan. Di zaman kita, kehidupan manusia masih sangat tergantung pada alam dan nomaden. Makanan diperoleh dari sumber makanan di masyarakat.

Perumahan manusia saat ini biasanya dekat dengan sumber air yang memiliki banyak pohon dan daun yang rata. Alat yang digunakan masih sangat sederhana dan terbuat dari batu atau tulang.

b. Zaman Batu Tengah

Zaman batu tengah juga disebut periode Mesolitik atau lanjutan berburu dan meramu. Saat ini, orang hidup dalam gua dan masih bergerak.

Makanan diperoleh dengan berburu binatang liar dan buah-buahan dari pohon di hutan. Orang masih menggunakan alat batu dan tulang yang terbatas dengan bentuk yang lebih baik. Sumber daya alam masih mampu memenuhi kebutuhan hidup manusia.

c. Zaman batu baru

Zaman batu baru juga disebut Neolitik atau waktu pendaratan. Saat ini, orang mulai mengenal pertanian di pertanian dan hidup berdampingan dengan ladang yang mereka buat setelah menebangi hutan dengan penanaman yang dapat dipertukarkan.

Setelah panen dan kesuburan menurun, mereka akan pindah dan menemukan ladang baru di tanah subur. Pada saat ini, orang mulai memelihara ternak dan hidup dalam kelompok besar dan mulai mengenali kepemimpinan yang terbatas.

Peralatan yang digunakan masih terbuat dari batu, yang memiliki bentuk lebih baik dan diasah hingga halus.

D. Logam abad

Zaman logam juga disebut periode perunggu dan besi, atau periode Perindagianisme. Pada saat ini, orang-orang menetap dan mulai mengenali pembagian kerja berdasarkan keterampilan tertentu.

Dengan demikian, kehidupan orang-orang di era ini sadar akan adanya pemisahan status tergantung pada jumlah kekayaan yang mereka miliki.

Orang-orang di usia ini juga memiliki peralatan yang terbuat dari logam tertentu, seperti perunggu dan besi, yang mudah tersedia.

Itulah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai Pengertian dan Pembagian Zaman Prasejarah, semoga bermanfaat.

Baca Juga :