Pengertian dan Definisi Identifikasi

– Istilah definisi tidak asing di telinga kita, dalam pengertian sederhana pemahaman identifikasi ini mungkin dapat dipahami, tetapi dalam hal definisi ilmiah tidak semua orang mengerti, dan jika Anda memerlukan informasi tentang definisi atau pemahaman identifikasi, mari kita periksa berikut penjelasannya bersama.


Menurut definisi, identifikasi memiliki 3 arti:

-identifikasi personal; swa-uji
-menentukan atau menentukan identitas seseorang, suatu objek, dll.
-(Psikologi) proses psikologis yang terjadi pada seseorang karena dia secara tidak sadar membayangkan dirinya sebagai orang lain yang dia kagumi, jadi dia meniru perilaku orang yang dia kagumi

Jadi apa yang disebut identifikasi? Secara umum, pengertian identifikasi adalah cara seseorang menggunakan untuk mengasumsikan karakteristik orang lain, identifikasi adalah kecenderungan atau keinginan seseorang untuk sama dengan individu lain atau menjadikannya bagian integral dari kepribadian seseorang. Jadi orang lain yang menjadi target identifikasi disebut idola (dari kata idola yang berarti “sosok yang disembah”).

Model kehidupan idola, sikap, perilaku dan bahkan kepercayaan akan melembagakan dan menganimasikan pengidentifikasi sehingga kepribadian mereka dipengaruhi oleh idola dan membentuk karakter yang serupa. Sekilas, identifikasi ini mirip dengan imitasi, tetapi pada dasarnya keduanya berbeda. Perbedaan mendasar adalah proses identifikasi, peniruan dilakukan secara keseluruhan, sehingga proses identifikasi lebih dalam, sedangkan dalam proses peniruan cenderung tidak lengkap.

Definisi dan definisi identifikasi

Awal dari proses identifikasi adalah karena rasa kekaguman seseorang terhadap sosok yang menurutnya menarik dan karenanya mendorongnya untuk mengidentifikasi dirinya dengan orang yang dikagumi dengan harapan menjadi sosok yang dikagumi. Proses identifikasi ini dapat terjadi sendiri (kebetulan) atau dengan kesadaran penuh. Identifikasi terjadi karena setiap orang membutuhkan tipe ideal tertentu dalam proses hidupnya. Walaupun mungkin terjadi tanpa disengaja, proses identifikasi biasanya terjadi dalam situasi di mana seseorang yang mengidentifikasi benar-benar mengharapkan sosok lain (orang yang ideal) sehingga pendapat dan sikap orang yang ideal (idola) dapat menginspirasi dia.

Contoh identifikasi

, seorang remaja yang memiliki idola artis terkenal yang mengidentifikasikan dirinya dengan artis terkenal yang ia kagumi. Karena ia kemudian menganggap artis itu sosok yang ideal, ia akan mencoba mengubah penampilannya menjadi sama dengan idolanya, mulai dari gaya rambut, pakaian, gaya kata, makanan favorit, hingga kepercayaan sang idola.

Bentuk-bentuk identifikasi yang terkandung dalam kehidupan masyarakat meliputi:

-Identifikasi kelas (identifikasi kelas), adalah identifikasi kelas sosial tertentu.
-Identifikasi defensif (defensive Identification) adalah identifikasi yang muncul karena rasa takut.
-Identifikasi pembangunan (identifikasi pembangunan), adalah identifikasi hasil hubungan positif dengan bagian lain, dimana bagian yang memimpin identifikasi pada awalnya sangat tergantung pada bagian lain.
-Identifikasi etnis adalah identifikasi beberapa kelompok etnis.

Penjelasan definisi dan pengertian identifikasi untuk sementara cukup sampai di sini, kesempurnaan mungkin masih jauh dari harapan, tetapi inilah yang dapat Anda cari, jika ada kekurangan, mohon dipahami, semoga bermanfaat.

Sumber : rumusguru