Pengertian Access Point Wireless, Fungsi, dan Penerapan

Pengertian Wireless Access Point

Dalam ilmu jaringan komputer, Pengertian Wireless Access Point adalah perangkat keras, yang memungkinkan perangkat nirkabel lainnya (seperti laptop, ponsel) untuk terhubung ke jaringan kabel menggunakan Wi-Fi, Bluetooth atau perangkat standar lainnya.

Titik akses nirkabel biasanya terhubung ke router melalui jaringan kabel (sebagian besar terintegrasi dengan router) dan dapat digunakan untuk mengirim data antara perangkat nirkabel (seperti laptop, printer di mana WiFi berada) dan perangkat kabel di jaringan Bisa.

Fungsi Access Point

Access Point bertindak sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga banyak klien dapat tetap terhubung satu sama lain melalui jaringan.
Sebagai hub / sakelar yang menghubungkan jaringan lokal ke jaringan nirkabel / nirkabel,
Jalur akses dapat mengirim atau mengirim data / koneksi internet melalui gelombang radio, yang mempengaruhi area jangkauan untuk mencapai ukuran kekuatan sinyal, jangkauan kekuatan sinyal yang lebih luas (dalam satuan dBm atau mW) yang terjadi.

Wireless Access Point Router

Aplikasi Poin Akses Nirkabel

HotSpot adalah salah satu aplikasi paling umum dari titik akses nirkabel, di mana klien nirkabel dapat terhubung ke Internet terlepas dari jaringan tertentu yang terhubung saat itu.

Hotspot biasanya disediakan di restoran, perpustakaan, stasiun, atau area publik lainnya di kota-kota di kota besar atau di beberapa area, yang memungkinkan banyak orang untuk dapat terhubung ke jaringan internet.

Titik Akses Nirkabel Vs Nirkabel Ed Hawk

Ad Hoc digunakan untuk koneksi antara dua perangkat atau lebih tanpa menggunakan Wireless Access Point, jika perangkat masih dalam jangkauan maka perangkat dapat berkomunikasi secara langsung. Ad Hoc biasanya digunakan untuk pertukaran data pendek atau game LAN multi-pemain karena pengaturannya mudah dan titik akses tidak diperlukan. Karena menggunakan tipe peer-to-peer, koneksi ad hawk mirip dengan bluetooth dan umumnya tidak disarankan untuk instalasi permanen.

Untuk mengakses Internet melalui jaringan Ad Hoc, bagikan koneksi Windows. Gunakan fitur seperti internet. Ad Hoc hanya dapat bekerja dengan baik dengan banyak perangkat yang saling berdekatan, jaringan Ad Hoc tidak begitu cocok.

Demikian Pembahasan tentang pengertian access point wireless, Fungsi, dan Penerapan. semoga dapat bermanfaat.

Sumber : Videomax.co