Pangsa Pasar Meningkat, Ini Mobil Terlaris Daihatsu di Tengah Pandemi

Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mengurangi penyebaran virus Corona Covid-19 menciptakan penjualan mobil merasakan penurunan signifikan. Hal ini turut dialami Daihatsu.

Meski merasakan penurunan secara volume, market share (pangsa pasar) pabrikan otomotif asal Jepang tersebut malah meningkat di empat bulan kesatu 2020.

Sejak Januari sampai April 2020, penjualan retail Daihatsu menjangkau 44.346 unit dari total penjualan nasional sejumlah 243.634 unit. Angka tersebut sukses mencatatkan pangsa pasar 18,2 persen.

Sedangkan penjualan secara wholesale sukses mencapai 49.443 unit dari total 244.762 unit, sampai-sampai pangsa pasar Daihatsu menjangkau 20,2 persen.

Khusus penjualan retail, Sigra sedang di posisi kesatu dengan penjualan 12.868 unit atau market share 29 persen. Posisi kedua ada Gran Max (PU) dengan penjualan 8.805 unit (19,9 persen) dan Terios sedang di urutan ketiga dengan penjualan 7.131 unit (16,1 persen).

Selanjutnya, ada Ayla dengan angka 5.332 unit (12,0 persen), Xenia 5.092 unit (11,5 persen), dan Gran Max (MB) 3.911 unit (8,8 persen).

Daihatsu Luxio dan Sirion
“Kami prihatin dengan situasi pasar yang ketika ini merasakan penurunan secara drastis dampak wabah Covid-19. Kami bercita-cita kondisi ekonomi Indonesia ini bisa segera pulih dan pasarotomotif bisa bangkit dan berkembang kembali,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PTAstra Daihatsu Motor (ADM).

Untuk penjualan Luxio dan Sirion, angka yang sukses dicapai yaitu 1.207 unit (2,7 persen). Sampai ketika ini, Daihatsu masih merealisasikan peraturan pemerintah mengenai PSBB dengan menghentikan sementara buatan kendaraan.

Dalam urusan pelayanan, outlet dan bengkel sah di distrik PSBB pun memberhentikan sedangkan sistem operasionalnya. Pelanggan masih dapat mengakses layanan Daihatsu via online. Sumber : http://alturl.com/v7saf