Organisasi Internasional Adalah

Organisasi Internasional Adalah

Organisasi Internasional Adalah

Organisasi Internasional Adalah

Pengertian  organisasi internasional

Organisasi internasional adalah suatu bentuk dari gabungan beberapa negara atau bentuk unit fungsi yang memiliki tujuan bersama mencapai persetujuan yg juga merupakan isi dari perjanjian atau charter.

Keberadaan organisasi internasional saat ini sangat penting bagi suatu negara.Tidak jarang suatu Negara mendapatkan bantuan untuk mencukupi kebutuhan hidup warga negaranya dari organisasi internasional.

Secara umum organisasi internasional dapat diartikan sebagai organisasi bukan Negara yang berkedudukan sebagai subyek hukum internasional dan mempunyai kapasitas untuk membuat perjanjian internasional.Karena merupakan subyek hukum internasional,organisasi internasional mempunyai hak dan kewajiban yang ditetapkan dalam konvensi –konvensi internasional.

Organisasi internasional pada umumnya beranggotakan Negara-negara. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan organisasi internasional terdiri dari berbagai badan hukum atau badan usaha, tergantung dari sifat organisasi tersebut.

 

Macam Organisasi Internasional.

Organisasi internasional yang berdiri didunia sangat banyak dan beragam coraknya. Semua organisasi internasional pada dasarnya sangat di perlukan keberadaannya oleh setiap Negara untuk membantu dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapinya.

Perserikatan Bangsa-Bangsa

Perserikatan Bangsa-Bangsa atau disingkat PBB (bahasa Inggris: United Nations atau disingkat UN) adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara di dunia. Lembaga ini dibentuk untuk memfasilitasi dalam hukum internasional, pengamanan internasional, lembaga ekonomi, dan perlindungan sosial.

 

Perserikatan Bangsa-bangsa didirikan di San Francisco

Pada 24 Oktober 1945 setelah Konferensi Dumbarton Oaks di Washington, DC, namun Sidang Umum yang pertama – dihadiri wakil dari 51 negara – baru berlangsung pada 10 Januari1946 (di Church House, London). Dari 1919 hingga 1946, terdapat sebuah organisasi yang mirip, bernama Liga Bangsa-Bangsa, yang bisa dianggap sebagai pendahulu PBB.

Sumber : https://blog.dcc.ac.id/bpupki-sejarah-anggota-tugas-dan-pembentukannya/