Mengenal Jenis Tanaman Paku-Pakuan

Mengenal Jenis Tanaman Paku-Pakuan – Ada tidak sedikit jenis tumbuhan paku yang tumbuh di permukaan bumi ini. Jenis tumbuhan ini gampang kita jumpai dilingkungan sekitar, khususnya di perkampungan. Ciri-ciri tanaman ini memiliki daun, akar, dan batangnya yang bereproduksi dengan spora. Hal ini menciptakan tanaman ini dinamakan dengan Kormofita berspora, atau dapat juga dinamakan dengan tanaman atau tanamann vaskuler tidak berbiji.

Tanaman paku lazimnya tumbuh di distrik yang lembab, laksana di tebing-tebing dan wilayah pegunungan. Istilah beda dari tumbuhan ini yakni Pteridophyta, yang dengan kata lain sekelompok tanaman yang memiliki sistem pembuluh sejati. Tumbuhan ini berkembangbiak dengan spora.

Ada tidak sedikit jenis tanaman paku ini yang telah tumbuh di bumi Indonesia. Pada tulisan ini bakal membahas sejumlah tanaman jenis paku saja. Berikut ini ialah jenis-jenis tumbuhan paku yang terdapat di Indonesia.

Tanaman Paku Sejati/Filicophyta
Jenis paku-pakuan ini pasti sudah tidak jarang kita lihat, bahkan sudah paling sering anda lihat. Terutama untuk kita yang pernah atau bermukim di perkampungan, sebab tanaman ini sangat gampang tumbuh. Tanaman paku sejati pun sering dipakai oleh orang untuk dekorasi di depan rumahnya.

Ciri-ciri paku sejati yaitu memiliki struktur yang lengkap, dari akar, batang, hingga daun. Pada daunnya berbentuk makrofil, tungkai, dan memiliki tulang-tulang pada daunnya. Dan pada unsur batangnya berbentuk rizhoma.

Tanaman Paku Kawat/Lycophyta
Paku kawat adalahjenis tumbuhan yang memiliki akar dengan batang yang berbelah dan menggarpu. Sama laksana paku sejati, paku ini pun mempunyai akar, batang, dan daun yang sejati.

Paku kawat mempunyai format yang serupa seperti pohon pinus, oleh karena tersebut tidak jarang yang menyebutnya sebagai pinus tanah. Jenis ini lumayan bagus andai dijadikan tumbuhan hias rumah.

Tanaman Paku Ekor Kuda/Arthrophyta
Jenis paku ini memiliki batang yang berbuku-buku. Pada unsur luar batangnya, berisi silika sampai-sampai tanaman ini dapat terlihat laksana berpasir. Bagi jenis paku-pakuan yang ini, lumayan jarang dijumpai, tetapi tumbuh di bumi Indonesia.

Jenis paku-pakuan ini, oleh orang-orang dulu seringkali dimanfaatkan sebagai penggosok pot atau kuai, sehingga tidak sedikit juga yang menamai tumbuhan ini dengan tanaman penggosok.

Sumber: https://is.gd/xduBKC