Mengatasi Anak yang Tidak Suka Makan Sayur

Mengatasi Anak yang Tidak Suka Makan Sayur

Sebagai orang tua, Anda juga harus bersikap aktif untuk menyuruh anak mengonsumsi makanan yang sehat. Namun, tidak boleh pula memaksa mereka guna mengonsumsi sayur. Semakin dipaksa, anak bakal menampakkan sikap penolakannya. Oleh sebab itu, Anda mesti melakukannya secara perlahan supaya mereka terbiasa.

1. Sediakan menu yang terbatas

Waktu makan, tidak terdapat salahnya bila Anda meluangkan pilihan menu yang terbatas. Misalnya, melulu menyediakan makanan berbahan sayur. Hal ini dapat Anda kerjakan meski telah mengetahui bila si kecil tidak terbiasa mengonsumsi sayur.

Pada momen tersebut, katakan bila menu itu adalahsatu-satunya makanan yang disajikan. Jadi, bila mereka tidak inginkan makan, maka tidak bakal ada menu beda yang dapat dikonsumsi. Bujuk mereka guna paling tidak mengupayakan satu gigitan. Jangan lupa guna memberi apresiasi ketika mereka mengupayakan sayur guna kesatu kalinya.

Berdasarkan keterangan dari lembaga American Academy of Pediatrics (AAP), tahapan seperti ini lebih baik dikomparasikan membiasakan anak mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Kesehatan anak tidak akan terlampau terganggu hanya karena melewatkan satu atau dua masa-masa makan.

2. Potong sayur dalam ukuran yang kecil

Tidak jarang, anak yang tidak suka santap sayur sebab mereka mengetahui format dari sayuran. Hal ini dapat Anda atasi dengan mencukur sayur dalam ukuran yang kecil. Dengan begitu, penampakan sayur dalam makanan bakal lebih tersamar.

Di samping itu, Anda pun harus pintar dalam mengubah makanan sehat yang dapat menggugah selera santap anak. Dengan tampilan makanan yang menarik, anak yang tengah dalam situasi lapar pun inginkan tidak mau akan menyantap makanan di depannya.

3. Berikan informasi guna mengonsumsi sayur

Seorang anak umur 3-5 tahun, sudah dapat mencerna informasi dengan baik. Tidak terdapat salahnya bila Anda menyerahkan masukan berupa manfaat kelaziman mengonsumsi sayur. Asalkan, Anda dapat mengomunikasikannya dengan baik, sehingga dapat dimengerti anak.

Salah satu caranya ialah dengan mengisahkan dongeng yang sehubungan dengan kegiatan makan sayur oleh figur utamanya. kita pun dapat mengarang kisah itu secara kreatif. Membaca tidak sedikit buku tentang kisah dongeng pun akan sangat membantu.

4. Beri contoh

Seorang anak selalu berjuang untuk mencontoh sikap yang ditunjukkan oleh orang-orang di sekitarnya. Termasuk pun anak yang tidak suka santap sayur. Oleh sebab itu, Anda dapat mengajak mereka membudayakan diri santap sayur dengan teknik memberikan misal secara langsung.

Kebiasaan makan bareng menjadi urusan yang tepat untuk dapat memperlihatkan misal konsumsi sayur untuk anak. Saat santap bersama, anak juga akan dapat secara langsung melihat bila kedua orang tuanya pun terbiasa mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi.

5. Sediakan hadiah

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan supaya anak inginkan mengonsumsi sayuran ialah dengan menyerahkan hadiah. Misalnya, akan membelikan es krim bila mereka sukses menghabiskan sepiring nasi dengan sayuran di atasnya. Dengan begitu, anak yang tidak suka santap sayur bakal tergoda untuk menguras makanannya.

Sumber : http://www.rosoftdownload.com/get/download/windows/avira-antivir-personal-free-antivirus/?url=//www.pelajaran.co.id