Mengatasi Anak Telat Bicara

Mengatasi Anak Telat Bicara

Anak yang terlambat bicara sebetulnya mempunyai sosial-emosional dan pertumbuhan intelegensi yang tidak bertolak belakang dengan anak-anak lainnya. Namun, ada sejumlah faktor yang mengakibatkan anak telat bicara. Apa sajakah? Berikut ulasannya:

1. Mengalami Hambatan Dalam Pendengaran

Jika si kecil mengalami kendala dalam pendengaran, secara otomatis akan merangsang anak kendala dalam meniru, mengetahui serta memakai bahasa. Oleh sebab itulah, dia akan kendala dalam berbicara.

2. Hambatan Perkembangan Otak

Gangguan otak ialah salah satu yang menghambat pertumbuhan anak dalam berbicara. Kondisi ini dapat menyebabkan ketidakefisienan hubungan di wilayah otak yang berperan urgen untuk menciptakan seseorang berbicara. Jika ini terjadi pada anak, dia juga akan kendala menggunakan bibir, lidah dan rahang guna menghasilkan bunyi.

3. Kurangnya Komunikasi

Sebagai orang tua, Anda mesti lebih aktif berkomunikasi dengan anak untuk menangkal keterlambatan bicara. Interaksi antara orang tua dan anak dapat menolong menstimulasi anak dalam menggandakan kosakata.

4. Faktor Televisi

Jangan biarkan anak terlampau sering menyaksikan televisi sebab akan membuatnya menjadi pendengar yang pasif. Dia bakal terbiasa menerima informasi tanpa memahami serta memprosesnya dengan arif terlebih dahulu.

Sumber : http://www.rockstar98.com/out/www.pelajaran.co.id