Mendikbud Yakin UNBK Hapus Kecurangan 99 Persen

Mendikbud Yakin UNBK Hapus Kecurangan 99 Persen

Mendikbud Yakin UNBK Hapus Kecurangan 99 Persen

Mendikbud Yakin UNBK Hapus Kecurangan 99 Persen

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, mengklaim Ujian Nasional

Berbasis Komputer (UNBK) mampu menghapus praktik kecurangan hingga 99 persen. Sebelum UNBK diterapkan, Muhadjir menyebut praktik curang dalam UN berjalan sistemik.

”Sekarang ujian nasional kita sudah direformasi besar-besaran. Saya pernah mengusulkan ke pak presiden supaya dimoratorium paling tidak satu tahun pada 2017. Tapi presiden meminta tak perlu dimoratorium, yang penting segera dibenahi,” katanya.

Menurut Muhadjir, saat ini pihaknya terus memperbaiki infrastruktur, termasuk membenahi

penerapan komputer secara masif. “Karena sekarang sudah 91 persen komputer diterapkan dalam UNBK, waktunya juga bergelombang. Soal bisa dibikin berbeda satu sama lain,” katanya.

”Paling penting menurut saya saat ini adalah bisa dihapus hampir 99 persen praktik curang

, praktik ketidakjujuran, yang dulu sangat sistemik, terstruktur. Sekarang bisa kita hilangkan dengan sistem dan platform yang baru ini,” lanjutnya. Muhadjir menambahkan, UNBK juga akan membuat siswa lebih nyaman karena memiliki tingkat kepercayaan tinggi. ”Siswa juga pede, gembira, nyaman, karena apa yang dilakukan nanti pasti mendapatkan pengakuan dari publik maupun pihak yang akan memanfaatkan hasil ujian nasional mereka,” ujar Muhadjir

 

Baca Juga :