Mendikbud: Reformasi Pendidikan Diawali Dari Guru Penggerak

Mendikbud: Reformasi Pendidikan Diawali Dari Guru Penggerak

Mendikbud Reformasi Pendidikan Diawali Dari Guru Penggerak

Mendikbud Reformasi Pendidikan Diawali Dari Guru Penggerak

Reformasi pendidikan di Indonesia bakal dimulai dengan diterapkannya prinsip

kemerdekaan dalam belajar. Reformasi ini membutuhkan peran aktif guru sebagai penggerak utamanya. usai Upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) di halaman Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di kawasan Senayan, Jakarta.

Nadiem memimpin upacara dengan mengenakan kemeja putih dan dibalut jas hitam. Hadir dalam upacara tersebut Menko PMK Muhadjir Effendi, pejabat di lingkungan Kemendikbud, dan perwakilan guru dari sejumlah wilayah di tanah air. Pidato Mendikbud sendiri sudah viral sejak akhir pekan lalu tidak lagi dibacakan secara langsung melainkan ditampilkan melalui video.

Upacara menjadi lebih heboh ketika orkestra Perguruan Cikini yang menyanyikan lagu Goyang Maumere

mengajak semua peserta upacara Prof Arief Rachman kemudian menarik Nadiem untuk bergoyang bersama. dalam berinovasi, belajar mandiri, dan kreatif selama proses belajar mengajar.

Baca Juga:

Pencak Silat Diakui Dunia, Kemendikbud Apresiasi Positif
Perubahan UN, Guru Perlu Dimotivasi dengan Insentif dan Penghargaan

Menurutnya Kemedikbud mempunyai tugas berat dalam memfasilitasi ruang kemerdekaan belajar

utamanya bagi para guru. “Dan itu mungkin yang akan kita terus bantu. Saya sadar saya tidak bisa hanya meminta dan mengajak guru-guru melakukan ini. Saya PRnya di Kemendikbud dan dinas pendidikan itu besar sekali juga untuk memberikan ruang inovasi kepada guru-guru,” katanya.

Mantan CEO Gojek ini menjelaskan, reformasi pendidikan ini tidak hanya bisa diisi oleh peningkatan kualitas pendidikan yang dilakukan pemerintah saja atau berdasarkan kurikulum semata. Namun reformasi pendidikan ini akan sangat besar dampaknya apabila ada guru penggerak.

Dia yakin guru penggerak ini ada di semua unit pendidikan baik di sekolah maupun universitas. “Guru penggerak itu guru yang mengutamakan muridnya dari apapun. Bahkan dari kariernya pun dia mengutamakan murid dan pembelajaran murid. Dan karena itu dia akan memgambil tidakan tanpa disuruh tanpa di perintah untuk melakukan terbaik untuk muridnya itu guru penggerak,” terangnya.

 

Sumber :

http://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/9gag/