Mean (Rata-rata)

Mean (Rata-rata)

Rata-rata diperoleh dengan cara menjumlahkan seluruh data dalam satu kelompok kemudian dibagi dengan jumlah anggota kelompok tersebut. Mean berfungsi untuk mengetahui kemampuan/potensi/prestasi kelompok. Mean juga berguna untuk analisis lebih lanjut terutama t-test dan uji normalitas.

2) Statistik Inferensial

Salah satu bagian penting dari statistik inferensial adalah pengujian hipotesis. Ada dua macam hipoteses, yaitu: Hipotesis Nol (simbul Ho) yaitu suatu pernyataan yang menunjukkan kesamaan atau tidak berbeda. Sebagai lawannya adalah hipotesis alternatif atau hipotesis kerja (simbol Ha) yang menunjukkan perbedaan atau tidak sama.

  1. a) Korelasi

Metode ini menggambarkan secara kuantitatif asosiasi ataupun relasi satu variabel interval dengan variabel interval lainnya. Sebagai contoh kita dapat lihat relasi hipotetikal antara lamanya waktu belajar dengan nilai ujian tinggi. Korelasi diukur dengan suatu koefisien (r) yang mengindikasikan seberapa banyak relasi antar dua variabel. Daerah nilai yang mungkin adalah +1.00 sampai -1.00. Dengan +1.00 menyatakan hubungan yang sangat erat, sedangkan -1.00 menyatakan hubungan negatif yang erat.

 

Sumber :

https://nashatakram.net/zanco-tiny-t1-ponsel-terkecil-di-dunia/