Macam-Macam Hudud (hukuman)

Macam-Macam Hudud (hukuman)

Macam-Macam Hudud (hukuman)

Adpun macam-macam hudud (hukuman) terbagi menjadi dua bagia:

  1. Had penghilangan nyawa atau u anggota badan

Had yang berkenaan dengan penghilangan nyawa atau u anggota badan, terdiri dari dua bagian:

1)      Qiyas, yaitu pembalasan yang sepadan terhadap suatu kelakuan kadar kejahatan yang betul-betul disengaja dan direncanakan. Baik qisas pada jiwa, atau u qisas pada anggota-anggota badan dan pelukaan.

2)     Diyat (denda), yaitu sebagai pengganti qishas berupa denda dengan harta, dikala gugur lantaran pelaku kejahatan diampuni, ketidak sengajaan, atau u ada unsur-unsur disengaja. Dalam diat pun ada pada jiwa juga diat pada anggota-anggota badan dan pekukaan. Selain itu bagi si pelaku mewajibkan membayar kafarat, yaitu denda untuk mrnghapuskan dosa kepada Allah, disamping ia wajib membayar denda kepada keluarga korban.

  1. Had tentang pelanggaran berbuat maksiat

1)     Rajam yaitu hukuman dera bagi zina muhshan dengan cara dilempari di muka imum.

2)     Ta’zir adalah menghukum dengan vara di jilid yaitu hukuman-hukuman  dera dengan cara pencambukan. Atau  hukuman ta’zir juga bisa berbentuk pemukulan, atau  dengan tmparan dengan telapak tangan, atau  di asingkan atau  dipecat dari kedudukannya, atau dengan dimasukkan kepenjara, yang berarti hukum ta’zir adalah hukuman pengajaran.

UIama atau  wakil imam yang berhak menghukum ta’zir. Adapun hukuman ta’jir  itu berlaku pada ketentuan hukuman had, misalnya pada orang yang meminum minuman keras, atau u bisa juga hukuman ta’zir itu karana tidak ada ketentuan hukum had atau  kafaratnya, namun hal itu sebagai hak Allah, maupun hak manusia, misalnya mufakhadoh, yaitu menggauli wanita selain dari kemaluannya (farji), memaki yang tidak dengan qadaf, dan memukul yang tidak semestinya, dan lain-lain.[4]

  1. Hukum Qishash

Hukum qishahsh, yaitu hukum pembalasan yang sepadan terhadap suatu kelakuan kadar kejahatan yang betu-betul disengaja dan direncanakan. Baik qishash pada jiwa atau u qishash pada anggota-anggota badan.

            Firman Aallah Ta’ala: surat al-Baqarah 179

Artinya: Dan dalam qishaash itu ada (jaminan kelangsungan) hidup bagimu, Hai orang-orang yang berakal, supaya kamu bertakwa.

Qishash ada 2 macam

 

https://bogorchannel.co.id/smart-ir-remote-anymote-apk/