Layar HP Ingin Dibersihkan, Ingat! Jangan Pakai Benda dan Bahan Ini

Layar HP Ingin Dibersihkan, Ingat! Jangan Pakai Benda dan Bahan Ini

Layar HP Ingin Dibersihkan, Ingat! Jangan Pakai Benda dan Bahan Ini

Layar HP untuk model ponsel sekarang ini yang kebanyakan berukuran minimal 4 inci menggunakan LCD touchscreen. Memang nyaman dengan ukuran lebar seperti itu, terlebih saat bermain game atau menonton multimedia.

Namun masalahnya, bentuk layar sentuh itu sering rusak. Bisa dikarenakan terjatuh, terkena air, sudah berumur atau bahkan salah ketika membersihkan noda yang ada pada layar.

Nah, untuk membersihkan kotoran di layar HP ini memang bisa dikatakan mudah. Tapi, jika salah dalam memilih bahan untuk menghilangkan noda atau kotoran itu, maka bisa berakibat fatal.

Agar tidak terjadi seperti itu, berikut ini benda dan bahan yang “haram” dipakai untuk membersihkan noda di touchscreen, seperti HR Online rangkum dari berbagai sumber.

Tisu Basah

Alasan melarang menggunakan benda yang satu ini untuk menghilangkan kotoran pada layar HP karena sama seperti yang diulas di atas.

Tisu basah selain mengandung air juga ada alkoholnya yang tentunya bisa berbahaya untuk smartphone itu sendiri. Memang alkohol yang ada pada tisu basah bisa bermanfaat untuk menghilangkan kuman.

Namun, untuk HP yang tidak didesain anti air tentu sangat riskan jika menggunakan bahan yang satu ini. Bukannya membuat touchscreen menjadi bersih, malah merusak bagian permukaan serta komponen yang ada di dalam.

Selain tisu basah, tisu yang sering ada di toilet juga “haram”

dipakai untuk mengelap layar. Pasalnya, tekstur yang ada pada tisu itu sedikit kasar, dan bisa menimbulkan goresan pada layar.

Paper towel

Paper towel atau kertas dapur berfungsi untuk menyerap atau membersihkan minyak/cairan. Kertas satu ini berbentuk seperti tisu, dengan ukuran yang lebar serta seratnya lebih kasar ketimbang tisu lainnya.

Dengan serat atau tekstur yang kasar ini tentu bisa berbahaya untuk layar HP. Karena bisa membuat atau menimbulkan goresan pada layar.

Sabun atau Deterjen

Seperti kita ketahui bahwa deterjen digunakan untuk membersihkan

atau menghilang kotoran dan noda. Deterjen sendiri ada yang berbentuk cair, padat serta serbuk.

Mengapa deterjen “haram” dipakai untuk menghilangkan noda di layar HP? Pasalnya, yang berbentuk cair bisa berbahaya jika sampai cairanya masuk ke dalam, dan komponen ponsel bisa konslet.

Sedangkan deterjen serbuk saat akan dipakai untuk membersihkan

akan ditambahkan dengan air, dan tentunya beresiko mengenai komponen di dalam smartphone apabila airnya banyak karena merembes ke dalam.

 

sumber :

https://okabawes.co.id/dc-unchained-apk/