KOMPUTER GENERASI KETIGA

KOMPUTER GENERASI KETIGA

KOMPUTER GENERASI KETIGA

Komputer generasi ini berkembang

pesat pada tahun 1964-1970an Pada generasi sebelumnya penggunaan transistor menyebabkan mesin menjadi cepat panas. Kelemahan komputer generasi kedua ini menyebabkan banyak pengguna yang tidak puas dan mulai meninggalkan pemakaiannya.

Namun kemudian masalah ini dicoba untuk dipecahkan oleh seorang ilmuwan bernama Jack Billy. Jack Billy akhirnya menemukan suatu teknologi baru bernama Integrated Circuit (IC) yang berupa chip kecil untuk mengumpulkan dan juga menampung berbagai komponen komputer menjadi satu. Teknologi ini membuat mesin tidak mudah panas seperti transistor.

Integrated Circuit ini adalah ciri khas komputer generasi ketiga yang membedakannya dengan generasi sebelumnya. Integrated Circuit ini kemudian dipasarkan secara komersil oleh Texas Instrument dan Fairchild Semiconductor pada 1959 dengan menggunakan enam transistor. Memang jumlah transistor ini sangat sedikit jika dibandingkan komputer jaman sekarang yang bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta transistor.

Selain tidak mudah panas, komputer generasi ini juga menggunakan daya listrik yang lebih rendah sehingga lebih hemat. Dari sisi software pun komputer generasi ini memiliki peningkatan. Komputer generasi ini dapat melakukan multitasking(melakukan beberapa program secara bersamaan) dan juga bisa melakukan hubungan pertukaran data dengan komputer lain.


Sumber: https://periskop.co.id/sniper-war-apk/