KOMPUTER GENERASI KELIMA

KOMPUTER GENERASI KELIMA

KOMPUTER GENERASI KELIMA

Komputer generasi kelima ini sering disebut

dengan komputer generasi masa depan. Komputer generasi kelima ini merupakan komputer yang saat ini digunakan secara luas di seluruh dunia.

Jika pada komputer generasi sebelumnya IBM merupakan perusahaan terbesar dan memainkan peran penting pada perkembangan komputer, pada generasi ini banyak perusahaan komputer bermunculan dan saling bersaing, namun yang memainkan peran paling penting dalam perkembangan komputer adalah Intel dan Microsoft.

Sejak perkembangan teknologi LSI di generasi sebelumnya, LSI ini semakin dikembangkan hingga pada generasi kelima iniĀ Personal ComputerĀ umumnya memiliki ribuan IC pada mikroprosesornya. Pada generasi kelima ini perubahan juga ditandai oleh berkembangnya semi konduktor.

Beberapa perusahaan yang berperan penting dalam perkembangan mikroprosesor antara lain adalah Intel, Zilog dan Motorola. Slah satu mikroprosesor yang paling terkenal adalah seri Pentium yang diluncurkan oleh Intel. Seri Pentium yang paling atas adalah seri pentium 4 yang kecepatan pemrosesan datanya dapat mencapai 2 GHz.

Setelah sukses dengan seri prosesor Pentium di pasaran, Intel meluncurkan seri prosesor Itanium, yaitu proses yang dibuat dengan arsitektur 64 bit. Meskipun memiliki arsitektur 64 bit, prosesor Itanium ini memiliki kompabilitas untuk dapat menjalankan perangkat lunak 32 bit.

Pada komputer generasi ini juga ditandai dengan tampilan monitor yang sudah berwarna dengan kualitas kerapatan pixel sangat baik sehingga sudah banyak digunakan untuk keperluan multimedia. Tampilan komputer pada generasi ini umumnya disebut dengan GUI (Graphic User Interface)atau Tampilan Antarmuka Grafis.

Komputer pada generasi ini memiliki bentuk yang sangat kecil dan ringan namun performanya dalam melakukan pengolahan data sangat cerdas. Beberapa perangkat bahkan memiliki bentuk sangat kecil hingga mudah dibawa kemana-mana. Mulai dari perkembangan laptop hingga ke perkembangan ponsel pintar.

Sedangkan dari segi perangkat lunak komputer pada generasi ini umumnya menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, MacOS, dan Linux. Sedangkan untuk perangkat ponsel pintar dan tablet umumnya menggunakan sistem operasi android, iOS dan windows phone.

Pada generasi ini komputer juga sudah mulai dikembangkan untuk dapat berpikir seperti manusia. Teknologi ini disebut dengan Artificial Intelegence (AI) atau kecerdasan buatan. Kecerdasan ini umumnya digunakan pada robot atau pada fitur interaktif komputer dengan manusia, dimana pada fitur ini manusia bisa melakukan perintah kepada komputer dengan suara maupun gerakan tubuh.


Baca Juga :