KOMPUTER GENERASI KEEMPAT

KOMPUTER GENERASI KEEMPAT

KOMPUTER GENERASI KEEMPAT

Perbedaan utama antara komputer generasi ini

dengan generasi sebelumnya adalah pada komponen Integrated Circuit  yang lebih rumit dan lebih terintegrasi. Integrated Circuit yang dikembangkan oleh perusahaan Very Large Scale Integration sejak tahun 1980an dapat menghasilkan chip yang dapat menampung hingga ribuan komponen, sedangkan generasi sebelumnya hanya bisa menampung beberapa komponen saja.

Sebenarnya  semenjak tahun 1970 sudah muncul dua perkembangan komputer yang dianggap komputer generasi keempat. Yang pertama komputer dengan menggunakan Large Scale Integration yang merupakan serangkaian pemadatan ribuan chip Integrated Circuit yang dijadikan pada sebuah keping IC chip. LSI ini kemudian dikembangkan menjadi VLSI yang memuat puluhan hingga ratusan ribu chip Integrated Circuit.

VLSI  kemudian terus dikembangkan menjadi sebuah komputer mikro dengan semikonduktor dan otak pemrosesan data berupa mikroprosesor. Mikroprosesor juga berfungsi sebagai memori sementara yang bersifat internal.

Perusahaan Intel telah meluncurkan mikrokomputer sejak tahun 1971 dengan nama 4004 yang tersusun atas 230 transistor dengan kecepatan pemrosesan sebesar 108 KHz. Mikrokomputer ini dapat memproses hingga 60.000 tugas setiap detiknya.

Pada 1972 Intel melanjutkan pengembangan mikrokomputer dengan nama 8008 yang mampu mengolah data 8 bit pada waktu yang sama. Mikroprosesor ini kemudian ditingkatkan menjadi seri 8080 yang diluncurkan tahun 1974. Prosesor 8080 ini dianggap sebagai prosesor pertama yang dapat digunakan untuk tujuan umum.

Komputer pada generasi ini masih memiliki tampilan satu warna pada monitornya sehingga belum banyak digunakan untuk tujuan multimedia. Beberapa tipe komputer yang terkenal pada generasi ini adalah Apple I, IBM 370, VisiCalc, PDP-11, dan Altair. Sistem operasi yang digunakan pada komputer generasi ini adalah Control Program for Microprocessor (CP/M) dengan bahasa program berupa Microsoft Basic.

Pada generasi keempat ini muncul istilah PC (Personal Computer)yang artinya komputer personal. Istilah ini merujuk untuk komputer yang fungsinya digunakan untuk perseorangan bukan hanya untuk keperluan instansi atau lembaga.


Sumber: https://www.terbaru.co.id/might-and-mayhem-apk/