Kisah Kelelawar

Kisah Kelelawar

Suatu hari, ada sebuah perkelahian hebat antara binatang buas dan kawanan burung. Kelelawar ada di pihak burung. Dalam pertarungan pertama, burung-burung dipukuli dengan parah.

Setelah kelelawar melihatnya, dia merayap pergi dan bersembunyi dibawah kayu. Ia tinggal di sana sampai pertarungan selesai.

Saat semua binatang pulang, kelelawar menyelinap di antara mereka.

Setelah mereka pergi jauh, mereka melihatnya dan bertanya satu sama lain, “Bagaimana ini? Kelelawar adalah salah satu dari burung yang melawan kita!”

Mendengar itu, kelelawar pun berkata, “Oh, tidak! Aku adalah salah satu dari kalian, aku tidak memihak para burung. Pernahkah kamu melihat salah satu dari burung-burung itu yang mempunyai gigi dan rambut sama sepertiku?”

Mereka tidak mengatakan apapun dan membiarkan kelelawar tetap bersama mereka.

Segera setelah itu, ada lagi pertempuran lain yang dimenangkan oleh para burung. Saat pihak kelelawar dipukuli, ia menyelinap lagi di bawah kayu. Setelah itu, para burung pun pulang dan kelelawar ikut bersama mereka.

Ketika mereka menyadari keberadaannya, mereka berkata, “Kamu adalah musuh kita, kami melihatmu telah menyerang kami.”

“Oh, tidak,” kata kelelawar, “Aku adalah salah satu dari kalian. Aku bukan salah satu dari binatang-binatang itu. Pernahkah kamu melihat salah satu dari mereka memiliki sayap?”

Mereka tidak mengatakan apapun lagi dan membiarkannya tetap bersama mereka.

Selama pertarungan berlangsung, kelelawar menjadi bolak baik. Pada akhirnya, burung dan binatang mengadakan musyawarah untuk memutuskan apa yang harus dilakukan dengan kelelawar.

Akhirnya mereka berkata kepada kelelawar, “Mulai sekarang, kamu akan terbang sendirian di malam hari dan tidak akan pernah punya teman, baik mereka yang terbang, atau mereka yang berjalan.

Kalau cerita dongeng anak lucu satu ini menjelaskan alasan kenapa si kelelawar terbiasa beraktivitas pada malam hari di saat binatang lainnya sedang terlelap. Dari kisah ini, si kecil bisa belajar tentang pentingnya menjadi seseorang yang konsisten.

Pelajaran lain adalah untuk selalu setia kawan. Jangan sampai menyakiti sahabat agar tidak dijauhi.

Baca Juga: