KELEBIHAN DEMOKRASI PANCASILA

KELEBIHAN DEMOKRASI PANCASILA

KELEBIHAN DEMOKRASI PANCASILA

Demokrasi Pancasila memiliki

beberapa kelebihan di dalamnya. Misalnya adanya penghargaan terhadap minoritas serta menjunjung tinggi HAM. Dengan adanya demokrasi ini, akan ada persamaan di antara hak dan kewajiban. Sehingga semua proses politik yang ada di Indonesia akan melibatkan warga negaranya.

Kelebihan berikutnya adalah selalu menjunjung tinggi hukum yang ada. Pemerintah akan berusaha mengembalikan semua persoalan kepada hukum sehingga menjadi tidak semena-mena dalam melakukan suatu keputusan. Dengan begitu, akan tercapai hukum yang adil dan bijaksana di Negara ini.

Adanya peran musyawarah juga menjadi keunggulan tersendiri untuk demokrasi Pancasila. Keadilan di Indonesi sendiri akan dapat dicapai jika demokrasi Pancasila diterapkan. Sehingga, hal ini akan meminimalisir terjadinya pertikaian dan perselisihan dalam pemerintahan. Karena musyawarah menjadi bukti semangat rasa kekeluargaan yang tinggi.

Dengan adanya demokrasi Pancasila, Negara ini juga akan menjadi lebih bebas, jujur dan terbuka dalam menjalankan pemerintahan.Sehingga, dengan berbagai kebebasan yang ada, tujuan bersama dalam sebuah Negara akan semakin mudah dicapai. Sehingga, adanya kritik terbuka dari rakyat akan membantu meningkatkan kemajuan dan pembangunan bangsa.

Keunggulan berikutnya adalah adanya penerapan norma sehingga tidak akan ada politik yang tidak bertanggung jawab di dalam demokrasi ini. Dengan adanya politik yang bermartabat dan bertanggung jawab, maka tujuan bangsa juga akan lebih mudah dicapai.

Demokrasi pancasila menawarkan sistem demokrasi yang bebas, jujur dan terbuka untuk semua. Fokus utama dari demokrasi ini adalah bagaimana rakyat mampu berperan secara intens dalam pelaksanaan pemerintahan Negara. Rakyat harus dilibatkan dalam semua pengambilan keputusan sehingga semua akan berjalan dengan baik sesuai dengan cita-cita Negara Indonesia.


Sumber: https://www.tawakaltourtravel.co.id/driving-quest-apk/