Kelas yang Nyaman dan Menyenangkan

Kelas yang Nyaman dan Menyenangkan

Kelas yang Nyaman dan Menyenangkan

Kelas merupakan taman belajar bagi siswa. Kelas adalah tempat bagi para siswa untuk tumbuh dan berkembangnya potensi intelektual dan emosional. Mengingat itu semuanya, kelas hendaknya dikelola sedemikian rupa sehingga benar-benar merupakan taman belajar yang nyaman dan menyenangkan. Sedangkan syarat-syarat kelas yang baik adalah: (1) rapi, bersih, sehat, tidak lembab; (2) cukup cahaya yang meneranginya; (3) sirkulasi udara cukup; (4) perabot dalam keadaan baik, cukup jumlahnya dan ditata dengan rapi; dan (5) jumlah siswa tidak lebih dari 40 orang (Dirjen Dikdasmen, 1996:17). Terdapat beberapa syarat yang perlu diupayakan agar kelas nyaman dan menyenangkan, yaitu: (1) tata ruang kelas; dan (2) menata perabot kelas.


  • Tata ruang kelas

Pada dasarnya sistem pembelajaran yang dianut di sekolah sangat tergantung pada pendekatan atau metode yang digunakan. Menceramah, sistem yang digunakan adalah sistem klasikal; sedangkan metode eksperimen, diskusi kelompok, maka sistem yang digunakan adalah nonklasikal. Dalam penataan ruang keIas, almari kelas dapat diletakan di samping papan tulis atau di samping meja guru. Almari kelas tambahan dapat diletakkan di belakang kelas. Almari tambahan tersebut akan lebih baik, bila terbuat dari kaca dan hal ini akan dipergunakan untuk menyimpan piagam, vandel, dan kepustakaan sekolah.


  • Menata perabot kelas

Perabot kelas adalah segala sesuatu perlengkapan yang harus ada dan diperlukan di kelas. Perabot kelas meliputi atau dapat berupa: (1) papan tulis dan penghapusnya; (2) meja, kursi guru; (3) meja, kursi siswa; (4) almari kelas; (5) papan jadwal pelajaran; (6) papan presensi; (7) papan daftar piket kelas; (8) kalender pendidikan; (9) gambar Presiden dan Wakil Presiden serta lambang Garuda Pancasila; (10) tempat cuci tangan dan lap tangan; (11) tempat sampah; (12) sapu lidi, sapu ijuk, dan sapu bulu ayam; (13) gambar-gambar lain/alat peraga; dan (14) kapur/spidol.


Baca Juga :