Kasus Pengingkaran Kewajiban Warga Negara di Indonesia

Kasus Pengingkaran Kewajiban Warga Negara di Indonesia

Negara akan dapat berjalan dengan baik bila warga negaranya mendukung. Ada beberapa hal yang merupakan kewajiban dari warga negara dan sebaliknya ada beberapa hal yang menjadi kewajiban dari negara. Demikian pula dengan hak, ada beberapa hal yang menjadi hak dari negara dan demikian pula ada beberapa hak yang menjadi hak dari warga negara. Penjaminan hak dan kewajiban antara negara dan warga negara terdapat dalam konstitusi negara, dalam hal ini UUD 1945. UUD 1945 adalah konstitusi Republik Indonesia.

Pelaksanaan Hak dan kewajiban yang tidak seimbang, berimbang dan berat sebelah menimbulkan pertikaian, konflik, permusuhan dan kekerasan. Nyatanya, didalam pelaksanaan hak dan kewajiban negara terhadap hak-hak dasar warga negara tidak selalu berjalan dengan mulus. Masih sering kita temui pelanggaran yang terjadi, terlebih didalam pelaksanan kewajiban negara terhadap pelaksanaan hak-hak dasar warga negara. Berikut beberapa contoh pelanggaran pelaksanaan hak dan kewajiban negara terhadap hak-hak dasar warga negara.

Ø  Contoh Pengingkaran Kewajiban di Indonesia

Pengingkaran kewajiban warga Negara banyak sekali bentuknya,mulai dari yang sederhana sampai yang berat , diantaranya adalah :

  1. a)Membuang sampah sembarangan
  2. b)Melanggar aturan lalu lintas , misalnya tidak memakai helm , tidak mempunyai SIM, tidak mematuhi  rambu-rambu lalu lintas, tidak membawa STNK dan sebagainya.
  3. c)Merusak fasilitas Negara , misalnya mencorat – coret bangunan milik umum , merusak jaringan telephon, dan sebagainya.
  4. d)Tidak membayar pajak kepada Negara , seperti Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB ) ,Pajak kendaraan bermotor, retribusi parker dan sebagainya.
  5. e)Tidak berpartisipasi dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara, misalnya mangkir dari kegiatan siskamling.

UPAYA MENCEGAH PELANGGARAN HAK DAN PENGINGKARAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA

  • Meningkatkan profesionalisme lembaga keamanan dan pertahanan negara
  • Menegakkan secara adil dan tidak diskriminatif
  • Meningkatkan kerja sama secara harmonis
  • Memperkuat rasa persatuan
  • Meningkatkan rasa cinta tanah air
  • Sadar diri akan pentingnya hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Recent Posts