Insektisida Alami Pembasmi Kutu Putih Pada Tanaman

Insektisida Alami Pembasmi Kutu Putih Pada TanamanInsektisida Alami Pembasmi Kutu Putih Pada Tanaman

insektisisa adalah zat untuk membasmi hama pada tanaman. Insektisida yang sering dijumpai dan dipakai umumnya terbuat dari bahan kimia. Efek bahan kimia pada pada isektisida memang terbukti ampuh dalam mengatasi permasalahan hama pengganggu seperti kutu putih.

Apa Itu Kutu Putih

Berbicara soal kutu putih pada tanaman, hama ini biasanya menempel pada permukaan buah serta daun bagian bawah. Disebut kutu putih karena hama ini memiliki serbuk lilin putih yang berfungsi menutupi seluruh bagian tubuhnya. Beberapa tanaman yang rentan terserang kutu putih adalah Mangga, Pepaya, Jeruk, Terong, Tomat, Alpukat, Katuk dan beberapa tanaman hias.

Tanaman yang terinfeksi kutu putih biasanya akan membuat pucuk daun keriput serta mengecil. Hal ini karena kutu putih menghisap cairan pada tanaman serta menginjeksikan racun yang juga terdapat pada mulutnya. Jika pada pohon pepaya, kutu putih menghasilkan embun madu yang akan ditumbuhi jamurjelaga. Jamur ini akan membuat permukaan buah serta daun pepaya menjadi menghitam.

Walaupun disebut kutu putih, sebenarnya hewan ini memiliki warna kuning. Menjelang dewasa warna tubuhnya akan berubah menjadi merah jambu. Pada fase inilah kutu putih mulai mengeluarkan serbuk lilin yang menutupi seluruh bagian tubuhnya sehingga berwarna putih.

cara membasmi kutu putih pada tanaman

Cara Penyebaran Kutu Putih
Artikel terkait : Insektisida Alami Pembasmi Kutu Putih Pada Tanaman

Cara Mencangkok Tanaman Dengan Benar
Mencangkok tanaman adalah salah satu teknik perke …

Beragam Jenis Tanaman Hias Merambat Untuk Mempercantik Rumah
Tanaman hias merambat merupakan salah satu jenis …
Pada dasarnya kutu putih bukanlah hewan yang banyak bergerak. Kutu Putih dewasa cenderung lebih banyak diam, Akan tetapi pada fase instar-1, hama ini aktif merayap ke seluruh bagian tanaman. Karena ukurannya yang kecil, tak jarang kutu putih terbawa angin atau menempel pada kaki burung. Hal inilah yang menjadi faktor utama penyebaran kutu putih dari satu pohon ke pohon lain.

Selain itu karena sifat lilinnya yang lengket, kantung telur maupun kutu putih betina juga terkadang menempel pada pakaian seseorang yang masuk kedaerah yang terkena kutu putih. Kantung telur dan betina yang menempel tersebut akhirnya terbawa dan menyebar ke area lain.

Insektisida alami untuk kutu putih

Tersedia beragam insektisida berbahan kimia yang dapat dengan mudah dibeli pada toko pertanian. Insektisida kimia ini biasanya mengandung bahan aktif imidakloprid, asetamiprid, lamda sihalotrin, serta klorpirifos. Namun sekarang banyak yang beralih menggunakan insektisida alami untuk mengusir kutu putih seperti :

Insektisida kutu putih dari bawang putih.

Untuk membasmi kutu putih pada tanaman bisa menggunakan bawang putih. Caranya dengan menumbuk beberapa siung bawang putih hingga halus. Bawang putih yang telah halus lalu di peras airnya serta dicampurkan air bersih sesuai kebutuhan. Untuk kasus kutu putih yang melekat erat pada daun atau buah, campuran yang digunakan bisa ditambahkan minyak kelapa.

Recent Posts