IFTTT – Siap Bantu Pekerjaan Kamu Secara Otomatis

IFTTT – Siap Bantu Pekerjaan Kamu Secara Otomatis

 

IFTTT - Siap Bantu Pekerjaan Kamu Secara Otomatis

IFTTT – Siap Bantu Pekerjaan Kamu Secara Otomatis

Di jaman yang sudah sangat canggih seperti hari ini, rasanya akan sangat sia-sia jika melakukan hal yang (harusnya) bisa di lakukan secara otomatis, malah kita masih melakukannya secara manual. Terutama dengan hal-hal yang sering kita lakukan secara berulang setiap harinya.

Kamu sering melakukan hal yang sama secara berulang-ulang dengan smartphone? Misal, anda selalu mengirim

screenshot yang diambil dari smartphone ke email. Maka kamu wajib mencoba IFTTT. IFTTT sendiri adalah kepanjangan dari “If This Than That”.

IFTTT adalah aplikasi yang bisa mengautomasi smartphone android kamu. Dengan menggunakan aplikasi IFTTT, hidup kamu akan lebih mudah dan lebih produktif.

Saya sendiri adalah salah satu penggemar berat aplikasi ini. IFTTT benar-benar memudahkan pekerjaan saya. Ketika ingin membuat tutorial misalnya (kegiatan yang saya lakukan hampir setiap hari), dulu saya harus mengambil screenshot dari smartphone android lalu mengirimkannya secara manual dengan menggunakan email.

Lalu di laptop, saya mendownload gambar-gambar screenshot tersebut dari email. Hal ini lama-lama membuat saya bosan karena tidak efektif.

Namun semua berubah ketika negara api menyerang saya menginstall aplikasi IFTTT.

Saya tidak perlu lagi mengirim screenshot-screenshot secara manual dengan menggunakan email. IFTTT melakukannya secara otomatis untuk saya.

Saya hanya perlu membuat sebuah applet di IFTTT, yang memerintahkan if ada screenshot baru, than kirim ke

email. Selesai, maka semuanya akan menjadi otomatis.

Mengirim screenshot ke email adalah salah satu dari sekian banyak kemampuan yang bisa dilakukan IFTTT. Jika kamu kreatif, kamu bisa membuat applet yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

IFTTT juga dapat bekerja dengan banyak aplikasi dan layanan favorit kamu seperti Instagram, Telegram, DropBox, Evernote, Google Drive dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah applet yang menurut saya sangat berguna.

Mengupload setiap screenshot ke DropBox, Google Drive, atau Evernote.

Buat file teks untuk setiap catatan baru yang dibuat di Evernote.

Simpan setiap foto atau video yang kamu upload ke Instagram.

Kirim pesan ke Telegram jika cuaca esok hari hujan/cerah.

Kirim pesan ke Telegram untuk “Article of the day” di Wikipedia.

Dan masih banyak lagi.

Semua tergantung dari bagaimana kreativitas kamu dalam meramu applet. Atau jika kamu tidak cukup kreatif untuk membuat applet baru, kamu bisa menjelajahi applet-applet populer yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Tertarik dengan aplikasi keren ini? Download secara gratis di Google Play.

Sumber:

https://galleta.co.id/sword-man-apk/