Gubernur Jabar Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan

Gubernur Jabar Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan

Gubernur Jabar Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan

Gubernur Jabar Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan

KAB. BANDUNG-Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan mengajak masyarakat

untuk terus menjaga lingkungan termasuk diantaranya menjaga kerusakan lingkungan termasuk akibat limbah yang akhir-akhir ini menyebabkan kerusakan sumber-sumber air seperti Sungai Citarum.

Hal tersebut, diungkapkan Gubernur pada acara sawala eco village, di Lanud Sulaiman, Margahayu, Kabupaten Bandung, Jum’at (4/11).

Menurut Gubernur, Sungai Citarum harus terus dijaga untuk kelestarian sumber air

. Untuk Sungai Citarum Hidrologi air bagus, tetapi lingkungan sedang rusak yang disebabkan banyaknya limbah yang masuk ke Sungai Citarum.

Berkenaan dengan rusaknya Sungai Citarum, saat ini perlu dilakukan perbaikan termasuk dukungan program Citarum Bestari. Untuk pengelolaan selanjutnya, harus dikelola dengan benar, karena daya dukung lingkungan rusak.

Dalam penyelesaian persoalan lingkungan, diantaranya untuk Sungai Citarum,

membutuhkan dukungan dari semua pihak termasuk dari masyarakat. Dengan sawala eco village, masyarakat dilibatkan dalam upaya pelestarian lingkungan. Sementara untuk mencegah aksi buang limbah industri ke sungai dibutuhkan dukungan dari TNI dan Polri.

Gubernur, dalam bagian lain penjelasannnya mengajak kepada masyarakat untuk melakukan aksi “5 tidak” yaitu : tidak buang limbah industri ke sungai, tidak tebang pohon sembarangan karena menimbulkan sedimentasi yang berdampak pada erosi dan bencana alam lain baik banjir maupun longsor, tidak buang limbah ternak ke sungai, tidak buang limbah rumah tangga serta tidak buang sampah sembarangan.

Khusus untuk memperbaiki kerusakan sungai, agar tidak menyebabkan banjir pada musim penghujan, perlu dilakukan normalisasi sungai serta gorong-gorong dikembalikan kembali fungsinya menjadi sungai. (NR)

 

Baca Juga :