Evaluasi TKA, DPR RI Segera Bentuk Panja

Evaluasi TKA, DPR RI Segera Bentuk Panja

Evaluasi TKA, DPR RI Segera Bentuk Panja

Evaluasi TKA, DPR RI Segera Bentuk Panja

BANDUNG-DPR RI melalui Komisi IX

, menyikapi laporan masuknya Tenaga Kerja Asing (TKA) yang dikabarkan sudah masuk ke sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Jabar, dalam tahun ini akan segera mengevaluasi keberadaan TKA.

Evaluasi tersebut, akan dilaksanakan melalui pembentukkan Panja evaluasi TKA, ungkap Anggota Komisi IX DPR RI, I Ketut Sustiawan ketika dihubungi jabarprov.go.id, di sela-sela kegiatan yang berlangsung di Bandung, Jum’at (20/5).

Ketut Sustiawan, lebih lanjut memaparkan dari beberapa laporan yang diterima beberapa tenaga asing ada yang bekerja di tempat-tempat hiburan. Sementara yang bekerja di pusat industri masih dalam penelusuran perihal kebenaran adanya TKA yang bekerja.

Di era, masuknya TKA sulit untuk dicegah asal TKA t

ersebut sudah memenuhi pesyaratan yang sudah ditentukan.

Perihal soal ketenagakerjaan, sambung Ketut Sustiawan semula diatur dalam Permenaker Nomor 12 Tahun 2013. Sejalan dengan ketentuan tersebut, bagi TKA yang bekerja di Indonesia, harus memenuhi beberapa pesyaratan antara lain : memberikan kontribusi untuk alih teknologi atau alih ilmu pengetahuan, mempunyai kemampuan dalam Berbahasa Indonesia serta dapat merekrut minimal 10 orang tenaga kerja lokal.

Permenaker tersebut kini sudah direvisi. Revisi

dalam Permenaker Nomor 16 Tahun 2015, syarat berbahasa Indonesia dihapus untuk TKA serta melalui revisi Permenaker Nomor 35 Tahun 2015, menghapus kewajiban TKA untuk merekrut 10 orang tenaga lokal.

Dengan revisi peraturan tersebut, berpotensi kian berkurangnya kesempatan kerja untuk tenaga lokal di Indonesia. Agar kondisi tersebut tidak berdampak negatif, hal yang disiapkan pemerintah harus melakukan seleksi secara ketat keberadaan TKA.

Seleksi yang disiapkan, ujar Ketut Sustiawan meliputi seleksi syarat sertifikasi dan kompetisi. (NR)

 

Sumber :

http://softwarelivre.org/ojelhtc88/blog/kerajaan-sriwijaya