E-Commerce Adalah

E-Commerce Adalah

 E-Commerce Adalah

E-Commerce Adalah

Menurut sumber yang saya baca, E-Commerce atau Perdagangan Elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Berikut contoh E-Commerce :

  1. AliExpress

AliExpress merupakan bagian dari Alibaba.com, yang dalam lamannya menyebut dirinya sebagai salah satu pasar online terbesar tempat Anda bisa menemukan lebih dari 10 juta produk yang berasal dari 40 ribu supplier di seluruh dunia. Berikut adalah langkah-langkah cara berbelanja di Aliexpress :

  1. Masuk ke www.aliexpress.com, lalu cari barang yang anda inginkan. Bisa melalui kolom “Search”, atau dengan menelusuri beberapa “Category” yang disediakan.
  2. Klik barang yang ingin kita beli. Lalu akan muncul tampilan halaman barang tersebut.
  3. Klik “Buy Now” jika anda ingin langsung membeli dan membuat Payment. Atau Klik “Add To Chart” Jika anda ingin membeli beberapa barang yang lain bersamaan.
  4. Jika kita memilih “Buy Now”, maka akan muncul halaman baru yang berisi beberapa hal berikut ini :

1)   Form isian Nama, alamat dan No telepon, untuk keperluan pengiriman (shipping address)

2)  Dibawahnya ada form review barang yang akan kita beli. berupa Deskripsi barang yang akan kita beli, harga, pilihan shipping cost, total yang harus kita bayar, serta sebuah kolom yang bisa kita gunakan untuk memberikan pesan kepada seller.

  1. Selanjutnya akan muncul halaman Payment alias pembayaran. Silahkan pilih metode pembayaran yang di inginkan. Umumnya sistem pembayaran yang digunakan adalah Credit Card. Masukkan data-data Credit Card, lalu klik “Place Order”. Maka order dan payment kita akan diproses oleh Aliexpress. Sebagai bukti, Aliexpress akan mengirimkan email konfirmasi tentang order yang telah kita bayar.
  2. Setelah sukses membuat order, langkah selanjutnya adalah tinggal menunggu konfirmasi pengiriman paket oleh sellernya.
  3. Jika seller telah mengirimkan paketnya, maka kita akan menerima email pemberitahuan lagi dari sellernya.
  4. Semua pengiriman paket dari aliexpress menggunakan paket yang disertai dengan tracking number. Untuk melihat tracking number paket tersebut, kita bisa melihatnya dengan langkah sebagai berikut :

1)    Setelah login, Tarus cursor diatas “My Aliexpress”, maka akan muncul menu dropdown, pilih ” My Orders “

2)    Klik pada Order yang anda ingin cek tracking numbernya

3)   Maka akan muncul halaman baru yang memuat Details Order. Disana kita bisa melihat metode pengiriman yang digunakan serta Tracking numbernya.

Sumber : https://filehippo.co.id/