Domain Web

Domain Web

Domain Web

Domain adalah

alamat dari sebuah situs web, alamat yang sebenarnya dari situs yang ada di internet adalah bentuk dasar dari angka, misalnya 17125135147 jika nomor ini diketik di address bar di web penejelajah itu akan membuka web Google situs, contoh lain 72,30 .38.140 yang diketik akan membuka Yahoo. Penggunaan angka-angka ini sering disebut alamat IP ketika itu sebenarnya alamat domain.

Domain menggunakan kata-kata bertujuan untuk menggunakan lebih berkesan daripada harus menghafal urutan angka panjang. Oleh karena itu, para ahli membuat sistem penamaan domain internet dalam bentuk kata-kata untuk menggantikan urutan nomor.


Bagian-bagian dari domain.

  • Nama domain
  • Extension (ekstensi) yang digunakan

Contoh: wikipedia.org nama domain yang digunakan google dan ekstensi .org. Pada awalnya, tidak begitu banyak ekstensi domain, ekstensi domain sekarang memiliki sangat banyak dari mereka (.com, .edu, .co.uk, .gov, .org, dll). Pemberian perpanjangan domain tidak boleh sewenang-wenang terutama untuk .edu, .gov, .go.id dan berbagai ekstensi yang hanya tersedia untuk lembaga pendidikan dan pemerintah saja.

URL adalah Uniform Resource Locator, yang berarti penamaan alamat file di internet. URL adalah string karakter (bisa berupa huruf, angka, atau simbol) sesuai dengan standar format yang ditentukan, URL digunakan untuk menunjukkan alamat / alamat sebuah sumber yang ada. URL yang biasa dikenal dengan nama domain, misalnya https://www.dosenpendidikan.co.id. URL diciptakan pertama kali oleh Tim Berners-Lee adalah pada tahun 1991.

URL mempunyai beberapa bagian penting, di antaranya yaitu :


Protokol

  • Tanpa adanya protocol yang tepat maka kita tidak akan dapat mengakses URL, contoh protokol yaitu: http://, https://, ftp://

Alamat Server/ Penyedia

Dalam mengakses URL tentunya kita harus mengetahui alamat server/ penyedianya. Contohnya yaitu: temukanpengertian.blogspot.com


Path File

Merupakan tempat/ lokasi file yang akan kita tuju. Contohnya kita ingin melihat halaman pada sebuah situs web pada blog ini maka file pathnya yaitu:


Fungsi atau kegunaan URL

Fungsi atau Kegunaan URL adalah :

  • Sebagai pengidentifikasi sebuah dokumen di situs web.
  • Untuk memudahkan kita dalam mengakses suatu dokumen melalui situs web.
  • Untuk memberikan penamaan terhadap suatu berkas atau dokumen pada situs web.
  • Memudahkan kita untuk mengingat suatu alamat situs web.

Baca Juga :