Diet Air Putih: Manfaat, Cara Kerja, Efek Samping, dll

Diet Air Putih: Manfaat, Cara Kerja, Efek Samping, dll

Semakin banyak tipe diet untuk menopang menurunkan berat badan, tidak benar satunya adalah diet air putih atau puasa untuk segala tipe makanan kalau air putih agar cepat kurus. Artikel ini memberi Anda uraian tentang puasa air, langkah kerja, manfaat, dan efek sampingnya.

Apa Itu Diet Air Putih?
Diet air putih adalah metode menurunkan berat badan bersama dengan langkah puasa makan apapun namun cuma boleh minum air putih. Tidak ada aturan spesifik berapa lama seseorang mesti menekuni diet air putih atau water fasting ini, namun sementara yang direkomendasi adalah 1-3 hari durasi maksimum tanpa makanan.

Awalnya, puasa air putih bertujuan untuk alasan agama atau spiritual, namun berkembang untuk tujuan persiapan prosedur medis, detoksifikasi, metode meditasi, kebugaran, dan penurunan berat badan yang semakin terkenal beberapa tahun ini.

Saat Anda berpuasa, energi yang digunakan untuk mengolah makanan sekarang digunakan untuk membuang racun keluar, tingkatkan pengobatan tubuh secara alami, dan cuma minum air putih dalam jangka sementara spesifik menopang membersihkan lemak dan racun tubuh.

Beberapa kalangan memercayai kegunaan kesehatan dan metode diet efektif berasal dari water fasting ini. Metode diet ini dapat tingkatkan autophagy atau proses yang menopang tubuh untuk mengelola kembali sel-sel lama yang sudah rusak dan berpotensi membahayakan.

Manfaat Diet Air Putih
Apa saja kegunaan diet air putih untuk tubuh? Berikut ini ulasannya!

Meningkatkan Proses Autophagy: Proses di mana tubuh mendaur kembali sel-sel yang rusak. Ini terhitung mengurangi risiko penyakit kritis layaknya kanker, jantung, dan Alzheimer.
Menurunkan Tekanan Darah: 90% orang yang menekuni diet ini bersama dengan keadaan tekanan darah tinggi pada mulanya berhasil menggapai tekanan darah lebih rendah berasal dari 140/90 mmHg.
Meningkatkan Sensitivitas Insulin dan Leptin: kegunaan insulin untuk menyimpan nutrisi berasal dari aliran darah dan kegunaan leptin untuk menyebabkan Anda menjadi kenyang lebih lama.
Mengurangi Risiko Penyakit Kronis: Belum ada penelitian signifikan, namun ini berpotensi untuk mengurangi risiko diabetes, kanker, dan penyakit jantung.
Manfaat lainnya, meliputi:

Meningkatkan proses metabolisme
Meningkatkan kesehatan dan komposisi tubuh
Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
Membantu menghancurkan lemak dan ketosis
Mendaur kembali sel-sel yang rusak
Mengurangi peradangan
Meningkatkan kesehatan kulit
Metode ini menyebabkan penurunan berat badan secara signifikan karena air putih punya kandungan 0 kalori, tubuh tidak mendapatkan asupan karbohidrat sebagai sumber energi, dan menyita lemak dalam tubuh sebagai bahan energi.

Berdasarkan Academy of Nutrition and Dietetics, metode diet ini dapat berfungsi bersama dengan efektif kalau Anda terhitung berolahraga, menyesuaikan pola makan, dan juga jauhi camilan manis setelahnya.

Cara Diet Air Putih
Tidak ada aturan spesifik untuk langkah diet air putih, namun orang bersama dengan keadaan spesifik layaknya penderita asam lambung, diabetes, problem makan, orang tua, ibu hamil, dan anak-anak tidak dapat laksanakan metode ini tanpa pengawasan medis.

Berikut ini langkah diet air putih:

1. Melakukan Persiapan
Penting untuk melatih tubuh Anda khususnya dahulu sebelum saat terlalu laksanakan metode diet ini. Jika belum pernah laksanakan water fasting sebelumnya, cobalah selama 3-4 hari untuk mempersiapkan tubuh tanpa makan atau makan dalam porsi kecil.

Hindari makan makanan yang punya kandungan asam tinggi, makanan manis, gorengan, daging, atau produk hewani lainnya. Ubah menu makan bersama dengan sayuran mentah, kukus, panggang, atau kacang-kacangan, teh herbal, dan makanan organik lainnya. Selain itu, Anda tidak boleh makan malam lewat jam 7 malam.

2. Durasi Minum Air Putih
Tidak ada aturan ilmiah, namun durasi yang aman untuk menekuni metode ini adalah 1-3 hari. Hanya minum air putih dalam jangka sementara lebih lama dikhawatirkan menyebabkan gejala penyakit lain karena tubuh tidak memiliki energi yang memadai untuk bekerja.

3. Diet Air Putih (1-3 Hari)
Setelah tubuh Anda sudah menjadi punya kebiasaan bersama dengan asupan dan pola makan sehat, Anda dapat laksanakan diet bersama dengan air putih ini selama 1-3 hari. Caranya adalah Anda tidak boleh mengonsumsi apapun selain air putih selama durasi tersebut.

Anda direkomendasi untuk minum air putih hingga 3 liter per hari. Jangan meminumnya secara langsung namun minum secara berkala dan pelan untuk menangani rasa lapar Anda.

Sebagian orang umumnya menjadi lemah, lemas, dan pusing sementara pertama kali menjalankan metode ini. Anda tidak direkomendasi untuk mengoperasikan alat berat, berkendara, atau laksanakan kesibukan berat lainnya dalam keadaan ini untuk mengurangi risiko kecelakaan dan lainnya.

4. Setelah Menjalani Metode Ini (1-3 Hari)
Setelah Anda berhasil menekuni metode minum air putih selama 3 hari penuh, Anda tetap mesti menghindar diri untuk tidak langsung makan makanan berat.

Anda dapat memulainya bersama dengan minum smoothie dan makanan kecil layaknya buah atau salad. Ini untuk memperkenalkan kembali proses pencernaan dan tubuh Anda bersama dengan makanan kompleks lagi.

Fase setelah diet bersama dengan air putih ini terlalu mutlak untuk tubuh beradaptasi lagi. Anda mungkin butuh sementara 3 hari untuk menjadi nyaman dan aman untuk menjadi makan besar lagi. Walaupun demikian, Anda mesti tetap melindungi pola makan, olahraga, dan menekuni hidup sehat untuk menurunkan berat badan.

Tips Diet Air Putih
Perhatikan tips-tips diet berikut ini:

Jika Anda belum pernah berpuasa cuma bersama dengan minum air putih, sebaiknya latihan cuma minum air putih selama 1 hari khususnya dulu.
Melakukan diet bersama dengan air putih lebih 3 hari cuma boleh dikerjakan di bawah pengawasan dokter.
Metode diet ini dapat melelahkan fisik dan mental, menjadi Anda mesti tetap berhati-hati selama menekuni kesibukan sehari-hari.
Istirahat yang cukup.
Hindari olahraga berat.
Jangan minum air putih langsung secara berlebihan karena malah dapat berbahaya.
Minum air putih secara bertahap.
Setelah durasi diet selesai, jangan langsung makan banyak dan berat untuk jauhi risiko nyeri perut.

Siapa yang Tidak Boleh Diet Air Putih?
Metode diet ini tidak direkomendasi untuk seluruh orang. Berikut ini kriteria orang-orang yang dilarang laksanakan diet bersama dengan air putih:

Penderita problem makan
Orang bersama dengan berat badan rendah
Wanita hamil dan menyusui
Penderita penyakit jantung
Penderita diabetes tipe 1
Penderita migrain
Pasien yang sedang memanfaatkan obat tertentu
Orang yang dapat menekuni transfusi darah
Bahkan seseorang yang sehat mungkin terhitung butuh pengawasan medis selama menekuni metode diet ini.

Efek Samping Diet Air Putih
Walaupun diet bersama dengan air putih memiliki beberapa kegunaan kesehatan, Anda mesti tetap mengikuti mungkin efek samping sebagai berikut:

Kehilangan berat badan yang tidak benar layaknya penurunan massa otot bukan lemak.
Risiko dehidrasi karena walau Anda sudah minum air putih yang cukup, Anda kehilangan 20-30% berasal dari asupan air harian berasal dari makanan yang kontennya tidak sama bersama dengan air putih.
Reaksi efek samping layaknya pusing, lelah, mual, tekanan darah rendah, lemas, tidak bertenaga, dan produktivitas menurun.
Mengalami hipotensi ortostatik atau penurunan tekanan darah signifikan secara tiba-tiba.
Memperburuk keadaan medis spesifik layaknya diabetes, problem makan, dan asam lambung.
Apabila Anda mengalami efek samping tersebut, mungkin metode diet ini tidak sesuai bersama dengan Anda. Sebaiknya konsultasikan kembali bersama dengan dokter dan cari metode diet yang lebih efektif dan aman untuk keadaan Anda.

Itulah pembahasan lengkap tentang langkah diet air putih. Metode ini dikerjakan bersama dengan langkah cuma minum air putih tanpa makanan apapun selama 1-3 hari. Apabila Anda tidak sesuai bersama dengan metode ini, Anda mungkin laksanakan metode puasa intermiten dan alternate-day fasting (ADF) atau puasa harian alternatif bersama dengan langkah yang lebih enteng dan efektif.

Artikel Lainnya : teknik dasar sepak bola

Baca Juga :