Deskripsi dan Spesifikasi, Kapal Purse Seiner

Deskripsi dan Spesifikasi, Kapal Purse Seiner

2.1.1 Definisi  Kapal Purse seine

Isitilah ini digunakan untuk menamai kapal perikanan yang menggunakan alat tangkap purse seine (pukat cincin).  Dalam kelompok kapal perikanan berbahan kayu maka jenis kapal ini umumnya adalah paling besar hingga 150 GT seperti yang banyak di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pekalongan. Jenis kapal ini memiliki ukuran displacement B (breath =lebar) lebih besar daripada jenis kapal ikan lain karena untuk memperbesar stabilitas kapal saat ABK melakukan kegiatan mengangkat jaring (hauling) yang dilakukan pada ssalah satu sisi kapal. Letak rumah kemudi (deck house) berada di belakang, dan dek kerja berada di bagian depan.       Perahu atau kapal penangkapan ikan adalah kapal yang digunakan pada operasi penangkapan ikan. Kapal pengangkut yang digunakan untuk mengangkut nelayan, alat – alat penangkapan dn hasil tangkapan dimasukkan sebagai kapal tangkap ( DKP 2003 ).

Kapal atau perahu penangkapan merupakan sarana pendukung dalam operasi penangkapan ikan, dimana berfungsi sebagai alat transportasi diperairan. Kapal purse seine adalah kapal yang secara khusus dirancang dan dibagun untuk digunakan menangkap ikan dengan alat tangkap jenis purse seine atau sering juga disebut pukat cincin, sekaligus menampung, menyimpan, mendinginkan dan mengangkut hasil tangkapannya. Kapal purse seiner merupakan kapal yang khusus dioperasikan untuk menangkap ikan jenis pelagis yang selalu bermigrasi dalam bentuk schooling fish, seperti ikan layang, ikan selar, ikan tongkol, dan cakalang.

 Berdasarkan hasil praktek kerja lapang Rika ( 2010 ), Kapal yang digunakan dalam melakukan pengopersaian purses esine diperairan barru terbuat dari kayu ulin ( Eusideroxylon zwagen ) dengan kontruksi yang sederhana. Hal ini seiring dengan pendapat Ayodhyoa ( 1981 )., bahwa secara ekonomis kayu masih menempati urutan teratas sebagai bahan konstruksi ikan yang berukuran kecil. Hal ini disebabkan pertimbangan, faktor harga, biaya perawatan, pajak, biaya operasional. Konstruksi kapal purse seine sama pada umumnya.

 

Recent Posts