Defenisi Ilmu (Science)

Defenisi Ilmu (Science)

Defenisi Ilmu (Science)

–            Secara etimologi ilmu berasal dari bahasa arab ilm yang berarti memahami, mengerti, atau mengetahui. Dalam kaitan penyerapan katanya, ilmu pengetahuan dapat berarti memahami suatu pengetahuan. Misalnya ilmu sosial dapat berarti mengetahui masalah-masalah sosial, dan sebagainya.

–            Menurut kamus, science is the systematic study of the nature and behaviour of the material and physical universe, based on observation, experiment, and measurement, and the formulation of laws to describe these facts in general terms (the free Dictionary).

  1. Menurut para ahli defenisi ilmu

  2. a) Sheldon Gottlieb, Science is an intellectual activity carried on by humans that is designed to discover information about the natural world in which humans live and to discover the ways in which this information can be organized into meaningful patterns.
  3. b)Hatta, Mohammad, menyatakan bahwa ilmu adalah pengetahuan yang teratur tentang pekerjaan hokum sebab- akibat dalam suatu golongan masalah yang sama sifatnya, baik menurut kedudukannya (jika dilihat dari luar) maupun menurut hubungannya (jika dilihhat dari dalam).
  4. c) Izuddin Taufiq, mengemukakan bahwa Ilmu adalah Ilmu adalah penelusuran data atau informasi melalui pengamatan, pengkajian dan eksperimen, dengan tujuan menetapkan hakikat, landasan dasar ataupun asal usulnya.
  5. d)Thomas Kuhn, Ilmu adalah Ilmu adalah himpunan aktivitas yang menghasilkan banyak penemuan, bail dalam bentuk penolakan maupun pengembangannya.
  6. e) Maurice Bucaille, Ilmu adalah Ilmu adalah kunci untuk mengungkapkan segala hal, baik dalam jangka waktu yang lama maupun sebentar.
  7. f) Asmadi, Ilmu adalah Ilmu merupakan sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahui melalui penyelidikan yang sistematis dan terkendali (metode ilmiah).
  8. g)Poespoprodjo, Ilmu adalah Ilmu adalah proses perbaikan diri secara bersinambungan yang meliputi perkembangan teori dan uji empiris.
  9. h) H. M. Gade, Ilmu adalah Ilmu adalah falsafah. yaitu hasil pemikiran tentang batas-batas kemungkinan pengetahuan manusia.
  10. i)Francis Bacon, Ilmu adalah Ilmu adalah satu-satunya pengetahuan yang valid dan hanya fakta-fakta yang dapat menjadi objek pengetahuan.
  11. j)Charles Singer, Ilmu adalah Ilmu adalah suatu proses yang membuat pengetahuan (science is the process which makes knowledge).
  12. k)Sonny Keraf & Mikhael Dua, menyatakan bahwa Ilmu adalah keseluruhan sistem pengetahuan manusia yang telah dibakukan secara sistematis.

https://bugscode.id/robot-defense-apk/