CIRI CIRI DEMOKRASI TERPIMPIN

CIRI CIRI DEMOKRASI TERPIMPIN

CIRI CIRI DEMOKRASI TERPIMPIN

Demokrasi terpimpin memiliki beberapa ciri khusus yang membedakannya dengan beberapa sistem yang lain. Berikut adalah beberapa ciri yang dimiliki oleh sistem ini.

1. TERJADI SENTRALISASI PADA PEMERINTAH PUSAT

Ciri demokrasi terpimpin yang pertama adalah terjadinya sentralisasi pada pemerintah pusat. Hal ini disinyalir menimbulkan ketidakadilan karena sistem pemerintahan seluruhnya dikuasai oleh pusat. Sementara partai-partai politik menjadi tidak jelas dan memunculkan kekacauan tersendiri.

2. ADANYA PELANGGARAN HAM

Ciri berikutnya adalah adanya pelanggaran atas Hak Asasi Manusia. Ditandai dengan kekebasan pers yang sangat dibatasi, sementara peran dari militer sangatlah besar. Hal ini memunculkan banyak perlakuan semana-mena terhadap masyarakat. Sehingga, jika ada rakyat yang dianggap menentang otoritas pemerintah, maka mereka akan mendapatkan perlakukan tidak adil.

3. KEKUASAAN MUTLAK PRESIDEN

Di dalam sistem ini, presiden memiliki peran yang sentral dalam menguasai Negara. Dalam hal ini adalah presiden Soekarno. Pada masa itu, presiden telah melakukan perubahan terhadap peran-peran wakil rakyat yang disinyalir tidak sesuai dengan kehendak presiden. Terlebih di dalam sektor politik.

4. PARTAI POLITIK MEMILIKI PERAN TERBATAS

Ketika sistem demokrasi terpimpin ini dijalankan, peran yang dimiliki oleh partai politik menjadi sangat dibatasi. Bahkan, ada yang berpendapat bahwa adanya partai politik pada masa tersebut hanya menjadi penyokong dari keputusan yang dikeluarkan oleh presiden Soekarno.

5. PERAN MILITER YANG SEMAKIN BESAR

Era demokrasi terpimpin juga ditandai dengan adanya peran militer yang amat kuat di Negara ini. Saat itu, militer tidak hanya sebagai pertahanan Negara ini, namun juga memiliki peran dalam sektor pemerintahan. Dwifungsi pada militer tersebut akhirnya memunculkan kekacauan politik tersendiri di Negara ini.

6. BERKEMBANGNYA PAHAM KOMUNIS

Saat demokrasi terpimpin dijalankan di Negara ini, presiden memiliki hubungan yang sangat baik dengan PKI. Akhirnya partai ini memanfaatkan kedekatan tersebut untuk mengembangkan paham komunisme.


Baca Juga :