Cara Merawat dan Memelihara Tanaman Hias Anggrek

Cara Merawat dan Memelihara Tanaman Hias Anggrek

Merawat dan memelihara tanaman hias sudah pasti harus jadi perhatian utama bagi pengagum tanaman hias. Salah satu tipe tanaman hias yang banyak dijadikan tanaman hias bunga di rumah adalah tanaman hias anggrek. Tanaman ini sudah pasti udah terlalu kami kenal punyai bunga yang indah. Untuk memelihara keindahan bunga yang dimiliki tanaman hias anggrek maka kami harus memprioritaskan untuk selalu memelihara dan memelihara tanaman yang satu ini. Tindakan perawatan dan pemeliharaan adalah perihal yang terlalu perlu untuk selalu memelihara tanaman ini tumbuh subur agar selalu membuahkan bunga-bunga yang cantik dan indah.

Anggrek (Orchidaceae) dikenal sebagai tanaman hias kondang yang dimanfaatkan bunganya. Bunga anggrek membawa keindahan dan juga variasi yang hampir tidak terbatas. Anggrek biasa dijual sebagai tanaman pot maupun sebagai bunga potong. Indonesia terlalu kaya bakal bermacam macam tipe anggrek, khususnya anggrek epifit yang hidup di pohon-pohon hutan, terasa berasal dari pulau Sumatera sampai Papua. Anggrek bulan adalah bunga pesona bangsa Indonesia. Anggrek juga jadi bunga nasional Singapura dan Thailand.

Semua orang atau pengagum tanaman ini sudah pasti membawa cara tersendiri untuk memelihara dan memelihara tanaman hias yang satu ini, terasa berasal dari tempat tanam, penyiraman, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit dan lain-lain. Pada tulisan ini tanamanhiasan.com bakal mengimbuhkan tambahan informasi dan wawasan mengenai cara memelihara tanaman hias anggrek yang dihimpun berasal dari bermacam macam referensi. Untuk itu silahkan kamu simak pembahasannya di bawah ini.

Cara Merawat Tanaman Hias Anggrek

Media tanam
Media tanam jadi perihal pertama yang harus kamu mencermati untuk tanaman hias anggrek, karena tempat tanam punyai fungsi sebagai tempat tumbuh tanaman dan tempat penyimpanan unsur hara dan air. Media tanam yang dipilih harus benar-benar baik sesuai dengan tipe anggrek kita, tempat tanamnya membawa aerasi yang baik, bisa mengikat atau menampung air dan unsur hara dengan terlalu baik, dan punyai keasaman (pH) nya berkisar antara 5-6. Media tanam yang terlalu sesuai untuk tanaman anggrek ada bermacam-macam, diantaranya moss, pakis, serutan kayu, sabut kelapa, arang dan kulti pinus.

Untuk menanam tanaman hias anggrek di dalam pot, terhadap dasar pot umumnya di letakkan pecahan batu bata agar bisa menyerap air dengan baik agar kemampuan draenasi dan aerasinya bakal baik pula. Media tanam yang paling baik adalah moss dan pakis. Moss mempunyai kandungan 2-3% unsur N dan membawa daya mengikat air yang terlalu baik. Sedangkan pakis mempunyai kandungan unsur unsur hara yang dibutuhkan oleh anggrek dan juga membawa draenasi dan aerasi yang baik juga banyak. Penggantian pot tempat tempat tumbuh dijalankan seandainya tanaman makin lama besar. Pot tempat tumbuh yang baik digunakan adalah pot yang terbuat berasal dari bata, karena bisa memelihara kelemababan media.

Kelembaban udara
Kelembaman udara juga harus diperhatikan karena ikut mempengaruhi pertumbuhan bunga terhadap tanaman anggrek. Agar anggrek rajin berbunga dibutuhkan kelembaban antara 60 – 80 %. Agar kelembaban selalu terjaga di bawah rak bisa dibikin kolam atau dibikin kabut di dalam rumah lindung dengan cara pemasangan sprinkle.

Pemupukan
Lingkungan atau tempat tanam aggrek sudah pasti tidak cukup mengimbuhkan unsur hara yang lengkap agar tanaman hias anggrek tumbuh dengan baik. Agar sistem budidaya tanaman anggrek yang kamu laksanakan berjalan dengan baik maka pemberian pupuk organik ataupun anorganik yang mempunyai kandungan bermacam macam unsur hara mikro dan makro. Unsur makro yang umumnya dibutuhkan untuk tanaman adalah C, H, O, Ca, K, N, P, S, dan Mg sedang unsur mikro meliputi Fe, Mn, B, Cu, Zn, Mo, dan Cl.

Pemberian pupuk terhadap tanaman hias anggrek berbeda-beda terhadap setiap fase pertumbuhannya. Pada fase pertumbuhan vegetatif bagi tanaman yang tetap kecil pemberian pupuk NPK adalah 30:10:10. Pemberian pupuk untuk fase vegetatif terhadap tanaman dewasa adalah NPk dedngan perbandingan 10:10:10. sedang perbandingn NPK terhadap fase generatif adalah 10:30:30 (Widiastoety, 1997). Pemupukan baiknya diberikan lewat daun khususnya permukaan bawah daun. Pemupukan lebih baik kamu laksanakan terhadap kala tanaman tidak terkena cahaya matahari, karena terhadap kala itu stomata daun sedang terhubung agar pemberian pupuk lebih efektif.

Penyiraman
Umumnya, tanaman anggrek di letakkan terhadap tempat teduh atau diberikan naungan agar terhindar berasal dari cahaya matahari langsung. Kelembaman terhadap tanaman anggrek harus dijaga dengan mencermati penyiraman. Frekuensi dan intensitas air siraman yang diberikan terhadap tanaman ini harus mencermati tipe dan besar kecilnya tanaman dan juga situasi lingkungan. Baiknya penyiraman dijalankan sebanyak 2 kali sehari yakni pagi dan sore hari, penyiraman bisa kamu laksanakan dengan memasukkan air kedalam wadah yang bisa kamu semprotkan terhadap daun-daunnya.

Pengendalian hama dan penyakit
Tindakan perawatan setelah itu adalah pengendalian tanaman hias anggrek berasal dari hama dan penyakit. Agar tanaman hias anggrek terhindar berasal dari hama dan penyakit maka kamu harus mencermati lingkungannya agar bersih dan sirkulasi udara yang bebas. Pengendalian hama penyakit yang biasa dijalankan adalah pencegahan terhadap pertumbuhan jamur dan bakteri terhadap tanaman ini, tidak cuman itu masalah serangga contohnya trips. Pengendalian dijalankan dengan cara menyemprot tanaman dengan obat yang sesuai saran satu minggu sekali.

Agar tanaman hias angrek rajin berbunga bisa kamu laksanakan pemberian ZPT atau hormon yang berfaedah untuk memacu pertumbuhan anggrek. Jenis hormon berikut adalah Giberilin atau mengfungsikan air kelapa dengan konsentrasi 15 prosen (150 ml air kelapa dibikin larutan semprot 1 liter).

Dengan mencermati lebih dari satu perihal diatas mengenai cara memelihara tanaman hias anggrek dengan baik, mudah-mudahan tanaman hias anggrek kamu bisa tumbuh subur dan membuahkan bunga yang cantik.

Selengkapnya : https://www.lele.co.id/