Bukti bintang-bintang paling awal semesta terdeteksi

Bukti bintang-bintang paling awal semesta terdeteksi

Bukti bintang-bintang paling awal semesta terdeteksi

Antena radio darat di bagian barat Australia yang menyerupai meja ruang makan telah mendeteksi bukti mengenai bintang-bintang yang paling awal diketahui yang menerangi bayi semesta yang terselubung kegelapan menyusul pembentukannya saat Dentuman Besar (Big Bang).

Para ilmuwan mengatakan pada Rabu bahwa sinyal-sinyal samar gas hidrogen yang dideteksi instrumen itu mengindikasikan keberadaan bintang-bintang sekitar 180 juta tahun setelah Big Bang 13,8 miliar tahun lalu, ketika alam semesta baru dua persen dari usianya sekarang.

Hidrogen adalah unsur semesta yang paling umum kala itu, seperti juga sekarang.

Bintang-bintang awal itu tidak langsung teramati, namun radiasi ultraviolet yang mereka pancarkan mengubah properti gas hidrogen sekitar, menyebabkan hidrogen menyerap gelombang dari sisa cahaya Big Bang dan memungkinkan pendeteksian.

Kosmolog dari Arizona State University Judd Bowman mengatakan pengamatan-pengamatan mengonfirmasi ekspektasi ketika bintang-bintang awal muncul.

Bowman mengatakan bintang-bintang ini berbeda dengan bintang-bintang

yang ada sekarang karena mereka terbentuk dari gas primordial murni yang terbentuk setelah Big Bang.

“Gas ini hampir seluruhnya hidrogen dan helium,” kata Bowman.

“Sebaliknya, hampir seluruh bintang-bintang yang selanjutnya terbentuk dari gas yang diperkaya dengan unsur-unsur yang lebih berat dalam tabel periodik, seperti karbon dan oksigen. Bintang-bintang pertama diperkirakan sangat masif dan berusia pendek dan berwarna biru.”

Temuan-temuan itu tidak mengesampingkan bahwa beberapa bintang

mungkin terbentuk lebih awal.

“Kami tidak bisa mengatakan tepatnya kapan bintang-bintang pertama terbentuk, tapi sekarang kami tahu bahwa itu sekitar 180 juta tahun,” kata Bowman sebagaimana dikutip Reuters.

 

sumber :

https://hopalleybrew.com/truck-simulator-pro-2-apk/