Belejar Dengan Tutor Sebaya

Belejar Dengan Tutor Sebaya

Belejar Dengan Tutor Sebaya

Edward L. Dejnozken dan Daven E. Kopel

dalam AmericanEducation Engcyclopedia menyebutkan “ tutor sebaya adalah sebuah prosedur siswa mengajar siswa lainnya. Tipe satu pengajar danpembelajar dari usia yang sama. Tipe dua pengajar yang lebih tuausianya dari pembelajar.


Nurita Putranti tutor sebaya adalah

siswadi kelas tertentu yang memiliki kemampuan di atas rata-rata anggotanyayang memiliki tugas untuk membantu kesulitan anggota dalam memahamimateri ajar”

 

Kelebihan dan kelemahan Belajat Tutor Sebaya

Menurut Suryono dan Amin (dalam Djamarah, 2006:35) menyatakan ada beberapa kelebihan dan kelemahan bimbingan tutor sebaya antara lain :

 

Adapun kelebihan bimbingan tutor sebaya adalah sebagai berikut :

1)      Adanya suasana hubungan yang lebih akrab dan dekat antara siswa yang dibantu dengan siswa sebagai tutor yang membantu.

2)      Bagi tutor sendiri kegiatannya merupakan pengayaan dan menambah motivasi belajar.

3)      Bersifat efisien, artinya bisa lebih banyak yang dibantu.

4)      Dapat meningkatkan rasa tanggung jawab akan kepercayaan.

Adapun kelemahan bimbingan tutor sebaya adalah sebagai berikut :

1)      Siswa yang dipilih sebagai tutor sebaya dan berprestasi baik belum tentu mempunyai hubungan baik dengan siswa yang dibantu.

2)      Siswa yang dipilih sebagai tutor sebaya belum tentu bisa menyampaikan materi dengan baik.

Sumber : https://www.minds.com/danuaji88/blog/understanding-and-examples-of-explanatory-texts-994746403099279360