Bangkitkan Inovasi Sekolah Bukan Perkara Mudah

Bangkitkan Inovasi Sekolah Bukan Perkara Mudah

Bangkitkan Inovasi Sekolah Bukan Perkara Mudah

Bangkitkan Inovasi Sekolah Bukan Perkara Mudah

CICENDO – Menjalankan kebijakan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, khususnya

memberikan informasi kepada publik, direalisasikan melalui kolaborasi dengan media. Guna dukung konsep tersebut, Dinas Pendidikan Kota Bandung selenggarakan pelatihan kehumasan untuk 96 kepala dan wakil kepala sekolah tingkat menengah pertama bertempat di SMK Negeri 12 Bandung, kemarin.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana mengatakan, pelatihan tersebut sebagai salah satu bentuk optimalisasi pelayanan publik di sekolah baik untuk lingkungan eksternal maupun internal. “Kegiatan itu, juga merupakan salah satu bentuk kebijakan walikota Bandung dalam mengoptimalisasi pelayanan publik di sekolah,” tukas Elih.

Sebagai strategi dasar dalam pembangunan Kota Bandung, sambung Elih, inovasi di sekolah

merupakan terobosan Disdik sebagai upaya perbaikan-perbaikan dalam mendukung strategi walikota demi kebaikan masyarakat Bandung.

Elih mengakui jika membangkitkan inovasi di sekolah bukan perkara mudah, namun harus mulai dibiasakan. “Bagi sekolah mungkin inovasi yang lakukan biasa saja, tetapi jika masyarakat mengetahui justru inovasi itu bisa jadi luar biasa,” ucap Elih.

Disinilah peran aktif sekolah dalam berikan informasi atas inovasinya, salah satunya melalui publikasi dan kerja sama dengan media. “Sekolah harus sadar dan menghargai hasil inovasi yang ada di sekolahnya itu,” tutur Elih.

Terkait stategi kolaborasi, sahut Elih, penting dalam menjaga integritas pendidikan di Kota Bandung

. Kolaborasi antar sekolah, tenaga pendidik dan juga kolaborasi sekolah dengan Disdik Kota Bandung, cukup penting. ”Sehingga, masyarakat bisa menerima informasi secara utuh dan menyeluruh melalui komunikasi antar lingkungan pendidikan yang baik,” kata Elih.

Sekolah saat ini memiliki kelebihan dibanding dahulu. Sebab, sekolah saat ini miliki otonomi dalam pengelolaan satuan pendidikan. Maka, semua program bisa berbasis kebutuhan sekolah dan disesuaikan dengan kebijakan daerah masing-masing. Kebijakan itu permudah ruang gerak sekolah dalam menerapkan strategi di sekolahnya bersangkutan.

Atas dasar itu, Elih berharap dengan mengoptimalkan semua lini sekolah bisa mendukung upaya stategis dan juga visi misi Kota Bandung sebagai Bandung Juara. ”Khususnya juara di bidang pendidikan,” tutup Elih

 

Sumber :

https://knowledgestudio.biz/contoh-soal-teks-eksposisi/