Apa yang Dimaksud bersama Satuan ?

Apa yang Dimaksud bersama Satuan ?

Pada artikel “besaran pokok dan besaran turunan”, kami telah paham bahwa di dalam sebuah pengukuran digunakan sistem yang kami kenal bersama nama besaran. Tetapi kalau kami idamkan menyajika information dari hasil pengukuran, maka kami perlu memanfaatkan apa yang disebut bersama satuan. Apa sih satuan itu? Yuk kami pelajari!

Sebelumnya di artikel “macam alat pengukuran”, kami pernah studi mengenai pengukuran. Jadi di dalam pengukuran kami membandingkan objek bersama besaran yang telah ditentukan. Jika kami telah mendapat hasilnya, kami perlu mengatakan hasil pengukuran selanjutnya di dalam angka dan satuan bersama acuan yang ada. Di sini satuan berperan sebagai pembeda atau pembanding di dalam pengukuran tersebut

Satuan terdiri dari 2 jenis, yaitu satuan baku dan satuan tidak baku. Satuan tidak baku adalah satuan yang tidak ditentukan secara resmi dan untuk orang yang tidak serupa membuahkan pengukuran berbeda. Sedangkan satuan baku adalah satuan yang ditentukan secara resmi oleh para ilmuwan dan dijadikan standar acuan, satuan ini kalau diukur oleh orang yang tidak serupa bakal selalu membuahkan pengukuran yang sama.

Contoh satuan tidak baku yang terkenal di Indonesia adalah jengkal, jengkal merupakan jarak yang dihitung dari ujung ibu jari sampai ujung kelingking. Biasanya jengkal digunakan untuk mengukur panjang, apabila kalau anda bermain kelereng, jengkal digunakan untuk menghitung jarak kelereng satu ke kelereng lainnya.

Coba anda bayangkan, kalau tidak tersedia satuan baku yang disepakati, bakal susah lakukan pengukuran terhadap sesuatu. Misalnya anda dan temanmu bakal menghitung jarak dari rumah ke sekolah untuk memandang siapa yang lebih dekat, temanmu memanfaatkan inci, namun anda memanfaatkan meter, maka hasil yang didapat bakal susah dibandingkan.

Sedangkan satuan internasional atau satuan baku, berlaku dan dianggap secara internasional. Satuan ini disepakati para ilmuwan terhadap sebuah pertemuan di Paris, Perancis tahun 1960 untuk menjauhkan kebingungan dan kerancuan.

Satuan internasional miliki sebagian syarat, yaitu:

Tidak mengalami pergantian oleh dampak apapun;
Berlaku di semua area dan setiap saat;
Mudah ditiru;
Satuan internasional terdiri dari tujuh satuan yang melambangkan tujuh besaran.

Penggunaan awalan ini dimaksudkan untuk memudahkan dan menyederhanakan angka di dalam pelaporan sebuah pengukuran. Misalnya untuk mengatakan 20.000 mtr. mampu dipermudah menjadi 20 kilometer. https://www.gurukelas.co.id/

Baik pengukuran, besaran, atau satuan yang baku amat menunjang untuk mengkomunikasikan hasil yang kami mampu dan mengurangi kerancuan yang berlangsung kalau memanfaatkan sistem yang tidak baku. Bayangkan kalau berlangsung kesalahan penyampaian di dalam penghitungan sementara pembangunan jembatan seperti yang berlangsung terhadap gambar di atas, berapa kerugian yang diderita untuk membetulkannya?