Alkom Radio VHF Buatan Len Siap Dioperasikan di Seluruh Batalyon Indonesia

Alkom Radio VHF Buatan Len Siap Dioperasikan di Seluruh Batalyon Indonesia

Yod Mintaraga Pimpin SOKSI JABAR

Yod Mintaraga Pimpin SOKSI JABAR

BANDUNG-PT LEN mengirimkan radio VHFsebanyak 734 unit

berikut perlengkapannya untuk TNI Angkatan Darat. Radio Manpack tipe LenVDR10-MP akan di-deliver ke semua batalyon di Indonesia dari Aceh hingga Papua, dan para engineer LEN akan mentraining para tentara yang menjadi user di 13 Kodam di tubuh TNI Angkatan Darat.

PT LEN Industri (Persero) sudah sejak lama melakukan pengembangan produk radio militer dari tahun 2001 melalui Unit Bisnis Elektronika Pertahanan dan Divisi Pusat Teknologi & Inovasi dengan melibatkan Kementerian Ristek, Kementerian Pertahanan, BPPT hingga Lembaga Sandi Negara.

Pengerjaan kontrak membutuhkan waktu sekitar tujuh bulan sejak

bulan Mei 2015 hingga November 2015. Proses produksi radio sudah menggunakan mesin SMT. Surface Mount Technology atau sering disingkat dengan sebutan SMT adalah teknologi terkini yang digunakan untuk memasangkan komponen elektronika ke permukaan PCB.

Dengan adanya teknologi SMT, peralatan atau gadget elektronik saat ini sudah dapat didesain dengan ukuran yang lebih kecil, karena mesin SMT memiliki kemampuan yang dapat memasangkan komponen chip yang berukuran sangat kecil hingga 0,4mm X 0,2mm (Chip SMD resistor 0402) dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Dalam kontrak juga terdapat ToT (Transfer of Technology) antara Len

dengan TNI, dimana Len akan melakukan transfer teknologi kepada Bengkel Pusat Perhubungan (Bengpushub) TNI AD. Bengpushub berada di bawah koordinasi Dirhubat (Direktorat Perhubungan Darat), yakni tempat pemeliharaan/maintenance semua perangkat komunikasi di TNI AD. (Pun)

 

Sumber :

https://www.kiwibox.com/alistudio/blog/entry/148436763/jaring-jaring-kubus/