Adam Smith

Adam Smith

Tokoh terkemuka di bidang teori pembangunan ekonomi, Adam Smith, lahir di kota Kirkcaldy, Skotlandia, th. 1723. Waktu remaja dia studi di Universitas Oxford, dan dari th. 1751 hingga 1764 dia jadi mahaguru di Universitas Glasgow. Selama di situlah dia menerbitkan buku pertamanya,

Theory of Moral Sentiments, yang mengangkat dirinya ke tengah-tengah masyarakat intelektual. Tetapi, puncak kemasyhurannya terlebih terletak pada buku karya besarnya An Inquiry Into the Nature plus Causes of The Wealth of Nations, yang terbit th. 1776. Buku ini langsung berhasil dan merebut pasar, dan sisa hidup Smith nikmati kemasyhuran dan penghargaan berkat karya itu.

Dia wafat juga di Kirkcaldy th. 1790. Dalam buku The Wealth of Nations, Smith beberapa memanfaatkan pandangan-pandangan Malthus perihal berlebihan penduduk. Tetapi, kalau Ricardo dan Karl Marx keduanya bersikeras bahwa tekanan masyarakat dapat menahan upah naik melampaui batas kepentingan (apa yang disebut “hukum baja upah”), Smith memastikan bahwa keadaan kenaikan memproduksi upah bisa dinaikkan.

Amatlah jelas, kejadian-kejadian tunjukkan bahwa Smith benar dalam segi ini, tetapi Ricardo dan Marx meleset.

Baca Juga :