5 Alasan Penting Berteman dengan Kompetitor Bisnis

5 Alasan Penting Berteman dengan Kompetitor Bisnis

Dalam dunia bisnis, kompetitor menjadi tidak benar satu aspek yang sering ditakuti oleh pebisnis. Hal itu kelanjutannya memicu para pelaku bisnis enggan menjalin hubungan pertemanan dengan kompetitor gara-gara dianggap merugikan.

Padahal keberadaan kompetitor dalam dunia bisnis merupakan hal yang bagus. Hadirnya kompetitor menunjukan bahwa ada pasar yang memadai banyak untuk bidang bisnis Anda. Melansir Inc. (2018), ada beberapa alasan penting mengapa Anda perlu berkenalan dengan kompetitor bisnis. Yuk, kami simak, Rekan Kerja!

1. Mendorong Anda untuk lebih baik

Mengetahui ada banyak bisnis yang mirip dengan bisnis Anda sering kali menyebabkan perasaan khawatir. Namun alih-alih khawatir, jadikan kompetitor sebagai tantangan Anda untuk memicu bisnis lebih baik lagi. Caranya? Coba berkenalan dengan beberapa pemilik bisnis mirip dan ajak berbincang seputar bisnis. Dari pembicaraan berikut Anda dapat mampu lihat di mana posisi bisnis Anda selagi ini. Jika dirasa tetap tertinggal, menggunakan knowledge yang Anda dapatkan selama pertemuan untuk memicu trick dan inovasi baru bagi bisnis Anda.

2. Membantu tingkatkan kredibilitas

Kompetitor sesungguhnya menunjukan adanya potensi pasar untuk bisnis Anda. Namun tidak cuma itu, keberadaan kompetitor juga mampu mendukung tingkatkan kredibilitas perusahaan. Bagaimana bisa? Banyaknya entrepreneur terhadap satu bidang dapat mendorong masyarakat untuk lebih selektif dalam menentukan produk atau jasa. Hal itu kelanjutannya mampu Anda menggunakan untuk tingkatkan mutu dan beri tambahan keunikan terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan agar berlainan dari kompetitor lainnya.

3. Meningkatkan kesempatan akuisisi

Selain mendukung untuk beri tambahan masukan/insight bagi bisnis Anda, berkenalan dengan kompetitor mampu tingkatkan kesempatan akuisisi. Sebagai contoh, Anda berkenalan dengan tidak benar satu kompetitor yang pemiliknya berniat mundur dari pekerjaannya. Agar usahanya tidak jatuh begitu saja, Anda mampu tawarkan kesempatan kerja mirip atau akuisisi sebagai anak perusahaan Anda. Dengan begitu bisnis Anda pun mampu konsisten berkembang.

4. Membuat bisnis Anda lebih dikenal

Beberapa perusahaan besar seperti Starbucks sesungguhnya sudah menjadi bisnis unggulan dalam bidang coffee shop. Dengan suasana perusahaan yang stabil dan memiliki cabang di beragam negara, keberadaan Starbucks sebagai kompetitor sesungguhnya terlampau sukar untuk dikalahkan. Namun ada sisi positif yang senantiasa mampu Anda ambil.

Nama besar Starbucks mampu mendorong banyak orang untuk jadi tren minum kopi dan hal itu terlampau untungkan bagi entrepreneur di bidang kedai kopi! Perlahan, masyarakat dapat jadi melacak coffee shop lain dan Anda mampu menggunakan hal berikut untuk memicu bisnis lebih maju. Anda mampu mendesain interior kafe, memicu menu minuman yang bervariasi, atau melaksanakan promo dengan bekerja mirip dengan petani kopi lokal untuk menarik lebih banyak pelanggan.

5. Meningkatkan network

Berteman dengan kompetitor mampu memicu Anda memiliki koneksi bisnis yang tidak terbatas. Dengan pertemanan bisnis yang sehat, bukan tidak bisa saja Anda dan kompetitor melakukan tindakan saling menguntungkan. Anda mampu saling merekomendasikan produk yang dijual terhadap customer gara-gara walau bergerak di bidang bisnis yang sama, tiap tiap perusahaan pasti memiliki kelebihan masing-masing.

Nah Rekan Kerja, itu tadi alasan penting di balik berkenalan dengan kompetitor. Tidak senantiasa buruk, di lain sisi kompetitor justru mampu mendatangkan keuntungan bagi bisnis Anda. Namun perlu diingat, senantiasa bersikap profesional dan jaga rahasia perusahaan Anda.

Selengkapnya : https://www.ruangguru.co.id/