10 Universitas Terbaik di Asia Tenggara

10 Universitas Terbaik di Asia Tenggara

siapa yang rela ikut SBMPTN 2019 nanti? Atau rela kuliah ke luar negeri aja? Nah, perguruan tinggi di Asia Tenggara tidak kalah bagusnya lho bersama dengan yang ada di benua-benua lain. Selain lokasinya termasuk tidak amat jauh dari Indonesia, budayanya termasuk tidak amat tidak sama bersama dengan kita jadi pasti dapat enteng untukmu beradaptasi. Penasaran? Yuk, lihat 10 universitas paling baik di Asia Tenggara berikut ini.

1. National University of Singapore

Universitas di Negeri Patung Singa ini menduduki alur pertama, Squad. National University of Singapore (NUS), didirikan terhadap 1905, terhadap awalnya hanyalah sekolah kedokteran sederhana. Namun kini, menawarkan 70 style jurusan S1 dari 13 fakultas. NUS telah menduduki ranking pertama sebagai universitas paling baik di Asia sebanyak tiga kali berturut-turut, dan saat ini menduduki peringkat ke-11 sebagai universitas paling baik di dunia. Wah, pasti dapat seru banget kalau dapat kuliah di sini!

2. Nanyang Technological University Singapore

Didirikan terhadap tahun 1981, Nanyang Technological University (NTU) merupakan universitas paling baik ke dua di Singapura. Universitas ini dikenal sebagai universitas yang banyak lakukan riset dan sementara ini miliki 9 fakultas S1: akuntansi dan bisnis, seni dan desain, komunikasi, pendidikan, teknik, kedokteran, pengetahuan pengetahuan alam, dan pengetahuan olahraga. Selain itu tidak perlu risau dapat kesusahan untuk beradaptasi di sini, Squad. Di NTU ada PINTU yaitu Pelajar Indonesia NTU (PINTU) yang kalau dilihat dari Instagram mereka sih kerap mengadakan kegiatan-kegiatan yang menarik.

3. Universiti Malaya

Dari namanya telah ketahuan nih kalau Universiti Malaya (UM) berlokasi di Negeri Jiran. Universiti Malaya berada di peringkat ke-3 sebagai universitas paling baik di Asia Tenggara dan ke-87 terhadap QS World University Ratings dan program sains, pendidikan dan tehnik komputernya memimpin 100 besar dunia.

UM dibangun di atas lahan seluas 372 hektar dan disempurnakan oleh beragam fasilitas dalam kampus, termasuk sebuah danau untuk bermain kayak dan sebuah Pusat Olahraga, sebuah kolam renang standar Olimpiade dan lapangan olahraga indoor maupun outdoor. Juga terkandung sebuah perpustakaan yang menyimpan lebih dari 1.4 juta buku, lebih dari 60 pusat penelitian, kantin, galeri seni dan toko buku.

4. Universiti Kebangsaan Malaysia

Masih dari negeri jiran, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) lahir dari aspirasi penduduk untuk menegakkan Bahasa Melayu sebagai bhs nasional dan juga bhs pengetahuan. Kini UKM telah berkembang bersama dengan pesat dan miliki 13 fakultas, 13 instansi penelitian keistimewaan dalam pendidikan, dan dua entitas komersial.

5. Universiti Putra Malaysia

Pada awalnya namanya adalah Universiti Pertanian Malaysia, yang sesudah itu bergeser jadi Universiti Putra Malaysia terhadap tahun 1997. Walau terhadap namanya terkandung kata Putra, namun universitas ini bukan khusus pria kok, Squad. Pergantian nama itu merupakan satu langkah strategik untuk mencerminkan kedudukan UPM sebagai sebuah pusat pengajian tinggi yang berusaha menawarkan beragam program pengajian untuk menghadapi pembangunan jaman depan.

6. Universiti Sains Malaysia

Universiti Sains Malaysia (USM) menawarkan perkuliahan untuk 111 program akademik penuh sementara dan 72 program pembelajaran jarak jauh yang dapat kamu pilih, Squad. USM termasuk miliki tiga universitas utama yang berlokasi di Penang, di Seri Ampangan untuk jurusan Teknik, dan di Kubang Kerian untuk jurusan Ilmu Kesehatan.

Untuk kamu yang suka olahraga termasuk pasti sesuai banget kuliah di USM karena fasilitas olahraganya yang super lengkap. Mulai dari gelanggang tenis, lapangan hoki, lapangan rugby, sampai gelanggang squash ada di USM. Nggak heran terhadap tahun 2010, klub sepak bola USM (USM Club) jadi klub universitas pertama yang bermain di Liga Perdana Malaysia. Wah, kapan ulang aktivitas akademik dan non-akademik dapat selaras.

7. Universiti Teknologi Malaysia

Squad, kamu jelas ‘kan Menara Kembar Petronas? Gedung ikonik di Malaysia itu lho. Nah, kalau kamu jalan 2 km ke arah Utara, kamu dapat mendapatkan Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Yep, UTM adalah universitas tehnik terbesar di sedang kota Kuala Lumpur yang menawarkan 13 fakultas yang dapat kamu memilih untuk semua tingkat pendidikan.

8. Chulalongkorn University

Chulalongkorn University merupakan salah satu universitas paling baik di Bangkok, Thailand. Well, Thailand kemungkinan belum jadi tujuan kuliah favorit bagi pelajar Indonesia, namun rupanya Chulalongkorn University menduduki peringkat ke-8 universitas paling baik di Asia Tenggara. Ingin kuliah di Negeri Gajah Putih namun risau tidak dapat bhs Thailand? Jangan khawatir, karena ada 13 fakultas dalam bhs Inggris yang memang khusus ditawarkan untuk world student.

9. Universitas Indonesia

Nah, kalau yang ini product lokal, Squad! Universitas Indonesia rupanya universitas paling baik ke-9 di Asia Tenggara dan tentunya peringkat ke-1 di Indonesia. Kalau ada yang belum tahu, Universitas Indonesia ini terletak di Depok. Ada lebih dari satu jalan masuk Universitas Indonesia yaitu, SNMPTN, SBMPTN, PPKB UI dan SIMAK UI.

10. Universiti Brunei Darussalam

Universiti Brunei Darussalam merupakan universitas tertua di Bandar Seri Bengawan. Dengan 4 pilarnya yaitu people, expertise, relevance, dan leadership. UBD miliki 8 fakultas, 9 institut penelitian dan 6 pusat fasilitas akademis.

Baca Juga :